menyempatkan diri untuk memperpanjang paspor saya yang berakhir pada tanggal 18 april 2018 ini. diperpanjang, kayak mo ke luar negeri aja? hahaha. iya sih, siapa tau kan ada kesempatan ke luar negeri. amiinn. lanjut S2, aminnn ya Robb..
sebenarnya, bukan perkara yang ribet sih perpanjang paspor itu. selama kita sabar dan mengikuti semua prosedur yang ada, inshaAllah semua akan mudah. prosedur perpanjang dan buat paspor baru adalah sama, baik cara mendaftar maupun berkas yang musti dilampirkan. ini yang sebenarnya kurang inovatif menurut saya. harusnya, bagi masyarakat yang perpanjang paspor, persyaratan yang dilampirkan tidak sebanyak seperti masyarakat yang buat paspor baru. menurut saya ya hehe... cukup bawa KTP ama paspor lama aja. oops..
nah, untuk mendapatkan nomor antrean, silakan login pada laman imigrasi berikut. buat akun dan password yang mudah diingat. masukkan juga nomor induk kependudukan dan nomor hape, serta isikan alamat email untuk mendapat link aktivasi. setelah diisi semua, silakan kunjungi email, biasanya terletak di spam, bukan di inbox (kotak masuk). klik link aktivasi dan silakan daftar antrean online.
pengalaman saya, untuk daftar silakan coba di awal-awal minggu. senin atau selasa untuk keperluan perpanjang/buat paspor baru pada minggu berikutnya. soale kalau udah rabu, kamis, atau jumat, bakal susah dapat antrean di kantor yang kita mau. saya belum pernah mencoba untuk hari sabtu atau minggu hehe.. untuk mendaftar, silakan login lagi, lalu klik kantor imigrasi (kanim) yang kita mau. online kok, bisa di mana aja. kita yang di jakarta bisa bikin di karawang, di malang, atau di bali. tapi saya daftar untuk kanim jakarta timur aja, yang deket dan tiap hari dilewatin.
klik tanggal yang kita mau, dan berapa jumlah orang yang kita daftarkan di sana. ada pilihan untuk datang "pagi" atau "siang", jadi lebih fleksibel kapan kita harus datang. setelah proses pendaftaran selesai, tinggal cek di bagian 'Daftar Permohonan', di sana ada kode pendaftaran kita berupa qr-code. print aja yaaa.. cuz kadang petugas penerimaan pendaftaran engga bisa baca tulisan kita seketjeh apapun hehe. so kalau di print kan semua orang bisa baca kode-nya.
........ (seminggu kemudian)
di hari yang telah dijanjikan, saya berangkat ke kanim jakarta timur. oiya, datang sesuai dengan hari dan jam yang sesuai dengan tertera pada form pendaftaran yhaaa. soale kalau kita telat dan datang engga sesuai dengan jam yang ditentukan, engga bisa diproses, alias pihak kanim engga bisa keluarkan antrean untuk wawancara dan foto. misal kita diminta datang hari kamis jam 14.00 s.d 15.00, maka harus udah di sana dan ikut antrean yang jam segitu. karena pas saya datang, ada yang mendapatkan antrean jam 13.00 s.d 14.00 dan ikut antre bersama kami... ya terpaksa ditolak karena memang sistem tidak dapat mengeluarkan antrean untuk wawancara dan foto.
oiya, persaratan yang harus dibawa awalah:
1. bolpoin warna item (untuk isi blanko)
2. meterai Rp6.000,- (untuk tanda tangan di blanko)
3. KTP, asli dan copy
4. Kartu Keluarga, asli dan copy
5. Akta kelahiran, asli dan copy
6. Ijazah terakhir, asli dan copy
7. Buku nikah, asli dan copy
8. Paspor lama, asli dan copy
penting!! semua copy harus dalam ukuran kertas A4, termasuk KTP.
datang ke kanim saya sarankan untuk lebih awal, karena kita harus ke customer serice, ambil blanko untuk isi data. selesai isi data, tinggal tunggu sesuai jam yang seharusnya untuk cek berkas dan mendapatkan antrean wawancara dan foto. sempet deg-degan juga sih, soale para pengantre di depan saya banyak yang bermasalah. salah inilah dan salah itulah. jadi jiper, jangan-jangan saya juga ada berkas yang salah. duh!
tapi ternyata lolos aja hehe, engga ada kesalahan. lalu saya lanjut ke ruang lantai dua. hwaaww.. ternyata udah dipugar habis ruang-ruang pelayanan di kanim jakarta timur ini. saat masuk ada customer service dan help desk. trus ada layanan cek berkas yang outputnya berupa anteran wawancara dan foto. ntaps nih, engga kayak tahun 2013 lalu yang mmm.. memang sih udah engga ada calo, tapi ruang pelayanan belum se-modern saat kemaren saya ke kanim. nice!
ruang tunggu untuk wawancara dan foto cukup nyaman dan luas. dan lagi, kanim jakarta timur udah responsif gender. terbukti, terdapat pojok bermain bagi masyarakan pengurus paspor yang membawa anak kecil, terdapat ruang laktasi, toilet terpisah, dan mushola bagi lansia. hmmm.. leh uga.
lantas gimana pelayanannya? kuota untuk satu hari di kanim jakarta timur adalah 300 pendaftar. saya kebetulan dapat antrean akhir-akhir.. jadi baru kelar jam 17.00 lebih. hehe.. gapapalah. saat wawancara kita tunjukkan semua berkas asli dan copy. habis itu selesai, baru di foto termasuk pengambilan sidik jadi tangan, baik kanan dan kiri. selepas itu, kita diminta bayar biaya administrasi. besarannya, bergantung dengan jenis paspor yang kita mau. apakah paspor elektronik atau paspor biasa. karena saya sepertinya engga ke luar negeri dalam waktu dekat, saya hanya ambil paspor biasa aja, biayanya sebesar Rp355.000,- yang dibayar bisa melalui atm.
oiya, paspor jadi tiga hari kerja selepas pembayaran...
so, kapan kita ke mana nich hehehe.
kuy laaaaa....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar