Minggu, 01 Juni 2014

sambal awal juni

minggu, agenda ngajak istri ke pameran flora dan fauna (flona) di lapangan banteng...

paginya sih nyempetin ke pasar buat beli beberapa bahan masakan, paling tidak buat seminggu ke depan. ada beli ayam, sayuran, tempe, cabai, dan bawang. dua hal yang ada di belakang, mo dibuat sambel ala bu rudi haha.

selepas dari pasar, kami sarapan, habis itu langsung meluncur ke lapangan banteng. berangkat jam 8.45, sampai lokasi jam 9.15-an. enaknya engga macet, walau begitu sudah lumayan susah nyari parkir. akhirnya mutusin untuk parkir di kantor saja. lebih aman dan nyaman heee.

muter flona yang udah mulai panas itu, liat beberapa tanaman bunga dan tanaman buah. ada ngincer tanaman bunga black lipstick yang lumayan cantik, mungkin pas banget buat tambahan koleksi tanaman di deket kolam, biar makin segar di pandang. untuk tanaman buahnya, ada ngincer jeruk nagami, yang konon katanya buah dan kulitnya dapat dimakan. wow, tapi harganya cukup mahal hehe.. nanti saja lah, tunggu kalau udah mo bubaran. smoga sih masih ada, dan harganya jadi harga obral.

pulang dengan tangan hampa, lihat stan yang jual sosis.. ah menggoda. beli satu yang cukup besar seharga Rp20ribu. wow.. sosis termahal yang pernah saya beli.

jalan pulang masih cenderung lancar. sampai di rumah pas adzan dzuhur. mampir ke masjid menjalankan kewajiban dzuhur. setelah selesai, pulang ke rumah dan bergelut dengan cabai en bawang merah. belinya sih masing-masing 500 gram. tapi engga semua bahan kami buat sambal. kami kurangkan masing-masing 100 gram, jadinya kami bikin sambal dengan 400 gram cabai rawit merah dan 400 gram bawah merah.

gugling cara membuat sambal ala bu rudi.. semua bahan dilayukan hingga mudah untuk diulek/dihancurkan. setelah itu baru digoreng lagi dengan bumbu-bumbu yang lain, termasuk garam dan sedikit gula tentunya. goreng sampai matang dan jadilah sambal yang yummy en super pedas.

sambal yang kami bikin itu, gurihnya hampir sama dengan sambal ala bu rudi. yaa 11:12 laah. namun pedasnyaaa, bu rudi masih kalah. sampai mules kami dibuatnya hehe..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar