Senin, 16 November 2015

tips perjalanan

tak dapat dipungkiri...


bahwa hidup adalah sebuah perjalanan #hwaaawbwerwaattss. hahaha... iya, satu saat kita pasti bertravelling, entah itu pulang kampung, mengunjungi saudara, perjalanan dinas, jalan-jalan ke luar negeri... bahkan hanya sekedar dari rumah ke tempat bekerja. moving.. moving...

perjalanan itu kadang harus saya jalani sendiri, atau kadang berdua dengan istri. atau bertiga dengan kawan saat perjalanan dinas. sendirian di transportasi masal seperti kereta api atau pesawat terbang...

ada beberapa hal yang saya persiapkan sebelum melaksanakan perjalanan jauh. dan ini adalah tips perjalanan ala saiyyaahh..

1. list daftar bawaan
list ini saya tempel di lemari baju di rumah. ada dua tabel di sana, saat bepergian dalam perjalanan dinas dan satu lagi saat perjalanan yang bener-bener jalan-jalan #apasih?!. mulai dari tiket pulang balik, baju resmi, baju santai, kaos, underwear, celana santai, celana resmi, kaos kaki, toiletris, sendal jepit, handuk, charger... dan semacamnya. semua keperluan disesuaikan dengan berapa lama perjalanan dan kegiatan apa yang kita lakukan di tempat tujuan. bila ditempat tujuan ada acara kondangan, tentunya disiapin baju resminya.
bila semua list udah tercentrang, tinggal packing ke dalam tas nya. bawaan pergi biasanya cenderung masih rapi, jadi sangat mudah menata di tas. beda banget pas saat perjalanan balik, selain udah bau keringat hahaha, males ngelipat, masih tambah oleh-oleh pula.

2. powerbank
ini satu hal yang sangat penting dalam masa hidup kekinian hehehe. rasanya hape tak boleh mati, satu menit pun. kalau ketinggalan informasi, kayanya dunia udah mo kiamat aja. eiits, bukan hanya itu aja sih. kadang orang sholih dalam perjalanan mo tilawah pake hape kan tiasa oge, atuh #eciee.. powerbank mungkin akan sedikit diperlukan saat perjalanan menggunakan kereta api kelas eksekutif atau kelas bisnis. karena setiap bangku udah ada dua colokan listrik, cukuplah untuk mengisi penuh hape plus powerbank selama perjalanan. bila perjalanan dari jakarta surabaya tentunya haha. tapi kalau menggunakan pesawat, rasanya mutlak harus dibawa dalam kondisi penuh. waktu tunggu naik pesawat yang lumayan lama sangat menjenuhkan.

3. bahan bacaan
saya kurang suka dengan bacaan novel indonesia kebanyakan yang jalan ceritanya mudah ditebak, itu-itu aja. saya suka baca buku travelling atau novel terjemahan. bacaan ringan juga bisa dibawa saat perjalanan, seperti majalan mingguan atau bulanan. hal ini merupakan salah satu obat saat bepergian sendiri tanpa kawan, hiks mengharukan. bacaan travelling sangat suka saya baca karena kita bisa menghayati dan coba menggambarkan tempat-tempat yang diceritakan dalam buku. seolah-olah kita lagi ikut bersama sang penulis, hehe.. buku sejarah, oke juga.

4. kamera
engga harus kamera dslr, semipro, pocket, atauuu.. ah semacamnya lah. saat ini hape udah mulai canggih kameranya. hampir semua keluaran terbaru udah di atas sepuluh mega pixel. lumayan untuk menangkap gambar dengan resolusi tinggi. satu hal yang saya lakukan dalam mengusir rasa jenuh perjalanan adalah dengan jeprat-jepret dari hape keyen saya. satu kepuasan dan membuka memori kembali adalah saat melihat hasil jepretan tersebut di kemudian hari. wah saya pernah gini ya.. pernah si situ, pernah di sana.. makan ini, makan itu... selembar foto berjuta cerita.

5. kantong sebaguna
saya sudah mulai membiasakan untuk membawa serta kantong serbaguna itu saat bepergian. karena ternyata saaangat bermanfaat. kadang kita balik dengan oleh-oleh yang nanggung, banyak engga, sedikit juga engga. so dapat dimasukkan ke tas aja. nah karena muatan tas bertambah, kadang bawaan pergi kita ga masuk semua. yawis, saatnya kantong serbaguna dimanfaatkan. daripada pake kantong kresek, masa naik pesawat tenteng kantong ind*mart. haha, sangat cocok bagi yang rada gengsian. eh, masa saya termasuk di dalamnya?

semoga bermanfaat...
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar