Sabtu, 21 Juli 2012

alhamdulillah, Ramadhan datang (lagi)

masih ingat kah kita dengan do'a yang sering kita panjatkan, saat menjelang berakhirnya bulan ramadhan tahun lalu (1432 H)? lupa?? hayoo ingat-ingat lagi...


"Yaa Robbanaa, panjangkan umur kami, dan sampaikan kami di ramadhan tahun berikutnya"


saya kira, do'a kita sama guys. dan alhamdulillah, dengan rasa kasih dan sayang-Nya lah dikabulkan do'a kita sehingga dapat bertemu denga ramadhan tahun ini (1433 H).



oke guys... karena Allah telah berbaik hati dengan kita, telah mengabulkan do'a kita tahun lalu, bahkan mungkin ditambah lagi dengan nikmat-nikmat yang lainnya, mmm.. apa tuh? banyak!! mungkin tahun lalu kita ramadhan masih sendiri, sekarang udah ada yang menemani. mungkin ramadha tahun lalu kita masih belum punya momongan, tahun ini udah "direpotkan" olehnya. tahun lalu belum punya kendaraan, saat ini udah punya kendaraan sehingga bisa kemana-mana dengan nyaman. Yaa Rabbi, alangkah banyak nikmat itu.. so balik lagi, kita wajib mensyukuri dengan apa yang Allah telah berikan kepada kita. baik nikmat bertemunya kita dengan ramadhan tahun ini, maupun berbagai macam keberkahan hidup yang kita rasakan,


biar ramadhan kita tidak lah hanya sekedar menahan rasa lapar dan dahaga saja, ada baiknya momentum ini kita manfaatkan dengan berbagai macam aktivitas, sehingga ramadhan kita lebih berkwalitas. saya hanya mengingatkan saja, dan mengajak kepada diri ini yang pasti lemah, dan mungkin bagi anda semua yang sudi membaca tulisan saya hehe..


guys, yang pertama yuk perbaiki niat kita. tiada ibadah tanpa niat. apapun aktivitas kita jika tidak diawali dengan niat yang baik, tentunya hanya perbuatan yang sia-sia saja dan tidak dianggap sebagai ibadah oleh Allah swt. ingat, semua ibadah yang kita kerjakan dengan tulus ikhlas akan mendapat pahala. so guys, mulai detik ini, niatkan apapun perbuatan baik yang kita lakukan hanya dalam rangka beribadah dan mengarap ridho-Nya. apapun perbuatan itu : mulai dari bersih-bersih (karena Allah cinta kebersihan), membaca buku (wahyu yang turun pertama kali adalah perintah membaca), bekerja, belajar, silaturahmi de-el-el... tiada yang susah *_*. mmm,.. udah perbaiki niat shoum anda??


yang kedua, hidupkan ramadhan dengan :

  1. perbanyak membaca Al-Qur'an. pasti tau kan pahala bagi siapa saja yang membaca Al-Qur'an? ingat hadits berikut :  “Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. subhanallah.. gimana kalau kita membacanya di bulan yang penuh keberkahan ini? tentunya akan dilipatgandakah lagi pahalnya.
  2. perbanyak amal jariyah/infaq/sedekah. karena guys, dalam surat Al-Baqarah ayat 261 Allah swt telah berfirman : "Perumpamaan orang yang menifaqkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui". yuuk.. tunggu apa lagi, itu janji Allah swt lhoo..
  3. sholat-sholat sunnah. melalui ramadhan ini, kita belajar untuk mendirikan bermacam sholat sunnah. tidak hanya sholat tarawih saja, bisa ditambahkan juga dengan sholat sunnah dhuha (insya Allah mendatangkan keberkahan pada rizki kita), qiyamullail (media cuhat yang pas dan langsung kepada Pemberi Hidup), dan rawatib (mengiringi dan menambal apa yang bolong di sholat fadhu kita). 
  4. memberikan makanan berbuka. yang terakhir ini, sangat dianjurkan karena pahala bagi orang yang meberikan makanan berbuka adalah sama dengan orang yang menjalankan ibdahah shoum tanpa mengurangi pahala yang melakukannya. waw...

en yang ketiga, hindari perbuatan yang sia-sia. saya jadi ingat saat kecil, dimana pada bulan ramadhan identik dengan petasan. hehe.. tiada ramadhan, tanpa petasan. ini tidak patut ditiru guys, selain umur juga udah tida pantas lagi memainkan mercon, juga hal itu sangat berbahaya. salah satu teman saya di desa yang pernah satu bangku di salah satu smp di kabipaten malang (smp negeri 1 pagak) adalah pembuat petasan tersebut. dan tragisnya, ia harus merelakan selaput gendangnya jebol karena barang yang ia produksi. nauzubillah...


okey guys... mumpung ramadhan masih mau menemui kita, yuk kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. suatu pekerjaan yang diniatkan untuk ibadah, dan dilakukan dengan ihlas hanya mengharap ridho dari-Nya, insya Allah akan medapatkan pahala sebagai tabungan kita di akhirat nanti. wallahualam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar