Jumat, 17 Agustus 2012

akhir ramadhan = mudik = (jakarta) lengang


sudah menjadi tradisi bagi umat muslim bangsa ini, setiap berakhirnya bulan suci ramadhan dan menjelang datangnya hari raya idul fitri, berbondong-bondong balik ke udik... mm.. atau sering dikenal dengan sebutan mudik. tentunya, ini bukan bagian dari sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah saw. namun demikian, terdapat nilai silaturahmi di dalamnya yang menurut beliau dapat memanjangkan umur kita dan menambah rizki kita. ya ga?? iya dun...

tapi saat ini, bukan mudiknya yang ingin saya sampaikan. tapi situasi, kondisi, posisi.. (halah..) hehe, kondisi jalan ibukota yang udah mulai lengang. pagi ini saya berangkat kerja dengan menggunakan angkutan umum metromini jurusan pondok kopi - senen. pada hari biasa, apabila menggunakan sarana transportasi ini, saya berangkat dari rumah jam 5.45 dan jalan kaki menuju jalan raya i gusti ngurah rai. dengan jarak kurang lebih 1 km, saya tempuh dengan perjalanan santai selama 15 menit. dari i gusti ngurah rai ini, saya baru naik metromini tersebut, dan turun tepat di depan kantor. lama perjalanan dengan metromini rata-rata kurang lebih 1 jam.

selain menggunakan metromini, untuk menuju ke tempat kerja, dapat juga menggunakan krl commuterline dari bekasi arah jakarta kota. transit di jatinegara, lalu melanjutkan perjalanan dengan krl yang lain ke arah senen. karena lebih sedikit ribet dan harganya jauh lebih mahal, saya jarang menggunakan moda angkutan massal tersebut untuk berangkat bekerja. namun untuk pulang kerja, lebih sering menggunakannya karena lebih terbebas dari jebakan kemacetan ibukota.

dan pagi ini, lengang lebih terasa di sepanjang perjalanan pagi saya menuju tempat kerja dengan menggunakan metromini. di beberapa titik, tampak beberapa minibus dengan barang bawaan sampai di atas kendaraan. sepertinya siy mau mudik hehe.. jalan pemuda - rawamangun, tepatnya di depan kampus unj, yang biasanya macet oleh kendaraan anak sekolah, lancaaarrr... di daerah galur raya menuju senen yang biasanya tersendat karena adanya perlintasan kereta api stasiun senen, pagi ini lancar.. waw, kalau saja tiap hari jakarta seperti pagi ini, tidak akan ada orang yang stres karena macet. dan warga jakarta tentunya tidak perlu berangkat lebih pagi menuju ke tempat kerja, sekolah, atau pasar...

bagaimana dengan di tempat kerja??

tidak berbeda dengan jalanan jakarta pagi ini, kamis 16 agustus 2012, suasana kantor sudah bernuansa liburan. beberapa rekan kerja mengambil cuti tahunan untuk lebih mendapatkan waktu berkumpul bersama keluarga besar yang lebih lama di kampung halaman. beberapa rekan kerja saya ada yang mudik ke jawa timur, cirebon, samarinda.. dan saya sendiri tahun ini masih mudik ke bandung. hehe.. insya Allah tahun depan saya niatkan untuk lebaran di malang, tepatnya di desa tlogosari kecamatan donomulyo.
hmm.. bagi yang mudik hari ini, hati-hati di jalan. niatkan semuanya untuk silaturahmi dengan sanak famili, agar bernilai ibadah. jangan lupa oleh-olehnya yaa... hehe *_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar