Senin, 27 Agustus 2012

t.g.i.m


pernah mengar istilah di atas? TGIM? apaan tuh? yang sering kita dengar mah TGIF yah hehe.. klu yang terakhir pasti udah pada tau. yap betul.. thanks God it’s friday. sebuah kalimat yang sering menjejali time line jejaring sosial pada hari jumat, yang merupakan ungkapan ‘kebahagiaan’ para pekerja/pegawai karena hari itu adalah weekend atau akhir minggu. so pasti besoknya,  sabtu-minggu liburr.. yah benar, melepas kepenatan setelah lima hari dikepung segala rutinitas. baik di kantor maupun di jalanan (macet tauuu..)
sementara beberapa orang yang lain, mengganti TGIF dengan AlIF. ini lebih Islami dan lebih mengandung do’a serta rasa syukur kepada-Nya, karena dua kata pertama diganti dengan satu kata “Alhamdulillah”, lengkapnya : alhamdulillah it’s friday.
trus, balik ke ‘permasalahan’ awal. apakah itu TGIM? itu singkatan yang saya buat sendiri : thanks God it’s monday. hehehe.. cuz banyak orang yang bilang “I hate monday”. umm, hari ko dibenci. tar benci juga deh ama yang nyiptain hari.
ohya, kemaren ada baca time line seorang teman di akun twitternya. lengkapnya seperti ini :
“ev4S : daripada katakan : ‘Ah, udah masuk kerja’ lebih baik katakan : ‘Alhamdulillah kerja’ karena kenyataan kita memang masuk kerja hari ini.”
time line ini saya baca senin pagi kemaren, awal masuk kerja setelah libur panjang idul fitri. sebenarnya saya udah masuk juga siy hari kamis ama jumatnya hehe.. mungkin sebagian dari kita (saya termasuk di dalamnya looh) sedikit kurang bersemangat pada awal-awal masuk bekerja setelah libur panjang seperti kemaren. mungkin kita terlalu keenakan bermalas ria saat liburan, jalan-jalan, makan-makan, dan aktivitas menyenangkan yang lainnya. so, saat harus kembali ketempat kerja, sedikit lebih meluangkan waktu untuk menyesuaikan diri.
saya pernah membaca di beberapa situs terkait hal ini, yaitu beberapa tips untuk mengatasi rasa malas untuk kembali bekerja setelah libur panjang. dalam situs tersebut dijelaskan beberap tips diantarnya (1) olah raga pagi sebelum bekerja (2) sarapan pagi (3) hangout ketempat yang menyenangkan setelah bekerja di hari pertama.. tiga itu aja yang saya inget. yang lainnya lupa hehe..
mmm.. sepertinya tips di atas bagi saya pribadi belum ada pengaruhnya untuk lebih semangat atau tidaknya bekerja di hari pertama, kedua, dan seterusnya setelah libur panjang. yang membuat saya lebih semangat adalah kadang kita harus berpikir kembali, mengapa kita bekerja? iyap betul.. selain bekerja adalah salah satu bagian dari ibadah (jika memang kita niatkan untuk ibadah), juga sebagai rasa syukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita. kita diberikan kesehatan, kita bisa bekerja. kita diberikan raga yang lengkap (tidak berkebutuhan khusus), sehingga bekerja makin optimal.
jika kita merasa malas saat ini, berada di belakang meja mengerjakan rutinitas yang mungkin menjemukan, maka berfikirlah berapa orang di luar sana yang menginginkan posisi seperti kita.
alhamdulillah saya masih bekerja, tetangga saya masih susah mencari pekerjaan..
alhamdulillah saya masih bekerja, so anak istri dapat hidup dengan layak..
alhamdulillah saya masih bekerja, saudara saya lagi di rawat di RS karena leukimia..
alhamdulillah saya masih bekerja, bapak kos saya meninggal kemaren..
kalimat-kalimat di atas bagi saya lebih memberikan motivasi bagi saya untuk lebih semangat dalam bekerja. lalu, apa yang membuat Anda lebih semangat bekerja hari ini??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar