Selasa, 07 Februari 2017

kereta matarmaja

lama nian saya engga naik kereta ini pas mudik ke malang...


baru hari jumat, 3 februari 2017 kemaren saya berkesempatan menyicipi kereta ini lagi. udah mulai nyaman sih, adem dan bersih. kalau ga salah, terakhir saya naik kereta ini pas awal-awal kereta ekonomi diberi sentuhan pendingin ruangan, ac..

saya beli tiket kereta matarmaja buat mudik kali ini melalui tiket.com. kalau engga salah dulu harganya Rp109.000,- dan dapat potongan Rp20.000,- cuz pake cc bri. mayan lah jadi Rp80ribuan gitu. 


pas hari-H, ceritanya ngabur dari kantor. lagi ada banyak kerjaan juga sih, sampai nitip-nitip kerjaan ke temen-temen dan boss. jam 14.00 saya berangkat ke stasiun senen dengan naik angkot 01. datang langsung ke mesin check in, cetak dan ngacir ke pintu masuk. ternyata ga langsung bisa masuk euy, ada jamnya gitu sekarang. jadi hanya penumpang kereta dengan jadwal keberangkatan tertentu saja yang diperbolehkan masuk. mungkin untuk menghindari penumpukan penumpang di peron. bagus juga sih.

ada proses pemeriksaan kembali sebelum masuk peron, mencocokkan nama yang tertera di tiket dengan kartu identitas. di dalam, wow banget, bersih dan rapi. mulai dari toilet, musholah, dan ruang tunggu. nyaman niaaann..

saya dapat tempat duduk di bangku nomor 13E gerbong tiga. sengaja memang cari yang tengah, cuz kalau paing depan udah pasti berisik ama lokomotif. paling belakang sering tak tau kita sedang berhenti di stasiun mana. walau kadang ada announcement dari kru kalau kereta akan diberhentikan di stasiun anu.


alhamdulillah tetangga bangku cowok semua, jadi mo apa-apa tuh enak enak aja. mo makan lah, sholat, ke toilet tinggal misi dan caw. ngomong tentang makan, tetangga bangku ada dua mas-mas yang ternyata anak kereta-an gitu. seperti arif rohman kalau di kantor, setiap jumat malam pasti pulang ke solo, dan minggu malam balik ke jakarta lagi. nah mas-mas itu tau banget kalau di cirebon nanti, kereta akan berhenti lama. bisa turun dan bungkus nasi. 

ternyata, pas kami turun berhamburan, para penjaja nasi rames udah teriak memanggil. telah siap nasi nasi bungkus, tinggal buka dikit dan ditambah dengan lauk pauk yang kita inginkan, dan bayar. satu kantong nasi bungkus tersebut udah termasuk sendok plastik dan satu bungkus air minum. waw bange!

berhenti lama di cirebon? memang. setelah saya perhatiin kereta tambah 'asupan' air juga di sana hehe.. biar engga kehabisan di tengah jalan nantinya. frekuensi penumpang ke toilet lebih sering dari tiga jam pertama perjalanan. mungkin karena masih asik ngobrol ama rekan perjalanan, sambil ngemil, so minumnya juga banyak. jadi sering beser dah, lol. makin malam makin banyak yang teler.


setelah sholat maghrib dan isya yang dijamak, teler juga. kebangun pas udah di tegal.. lalu teler lagi sampai di solo. semarang udah lewat pun tak tau haha. tapi dari solo sampai kepanjen, stasiun di mana saya harus turun, saya engga bisa tidur sama sekali. 

kereta terlambat kurang lebih satu jam. sesuai jadwal, seharusnya matarmaja usah langsir di kepanjen sekitar pukul 07.11. tapi kali ini baru langsir jam delapan lebih. tapi alhamdulillah selamat sampai tujuan. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar