Minggu, 19 Februari 2017

danish

tiga belas februari 2017 kemaren...


mas danish udah berusia satu tahun dan sepuluh bulan. udah banyak yang dapat dia lakukan, mulai dari obrak-abrik rumah, sampai dengan ngoceh dengan bahasa apa yang dia ucapkan.

berbeda dengan anak-anak seusianya, atau yang lebih muda lagi, mas danish belum bisa bicara dengan benar. saat ini, baru dua kata saja yang menurut saya baru sesuai dengan peruntukannya. "aduh" dan "dadaa" (kata perpisahan).

selebihnya, kadang ceracau yang engga jelas dan asal aja. dulu pernah pas saya pulang kerja, lari menghampiri dan manggil "papii.." tapi itu sekali aja. jadi kata tersebut belum benar sesuai peruntukannya.

mas danish mo diterapi untuk melatih bicara dan menambah perbendaharaan katanya. sampai saat ini pun belum dapat diminta untuk menunjukkan bagian-bagian dari tubuhnya, seperti kepala, mata, telinga, tangan, dan semacamnya. belum mengenal instruksi..

saya dan istri juga mengamati. dia lebih telaten untuk masalah membentuk 'bangunan'. misal, menyusun balok, menyusun gelas air mineral, hehe.. dia lebih bisa ke arah itu. kalau jalan, dia udah mulai 'jinjit', katanya udah mulai mo lari. 

memori untuk suatu benda, mas danish cukup bagus. dimana letak eskrim, tampatnya di kotak warna apa, di kulkas yang sebelah mana, dia tau. untuk benda seperti telepon, suka diangkat dan didekatkan ke telinga dan mulut. walau kadang terbalik dimana yang seharusnya didekatkan ke mulut, atau sebaliknya.

mas danish, sehat terus ya nak..
tumbuh besar, jadi anak yang sholih.

amiinn..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar