Minggu, 19 Februari 2017

malang tercinta

kereta matarmaja yang saya tumpangi...


telat hampir satu jam. seharusnya sampai di kepanjen pada pukul 7.11 wib, tapi baru sampai jam 8 lebih. jadinya laper beudh haha. di malang, makanan khas buat sarapan yaa engga jauh dari nasi pecel, nasi soto, atau nasi rawon. memang, beda tempat beda menu sarapannya. kayak di jakarta ya engga jauh dari nasi uduk atau nasi kuning. bubur ayam boleh juga, tapi saya pertama nemuin waktu di bandung.. yaa malah ngomongi sarapan hehe.

setelah itu, lanjut ke desa dengan menggunakan angkutan pedesaan. ini angkutan udah dua puluh tahun lebih masih hidup aja. dengan kendaraan yang udah bisa dibilang reyot, penumpang yang makin sedikit, duh sangat menyedihkan apabila harus tetap naik kendaraan ini bila di buru waktu. lantaran, dahulu kala kalau naik kendaraan ini, belum akan diberangkatkan dari pangkalan apabila belum penuh sepenuh-penuhnya. satu mobil kecil itu, harus diisi enam belas orang, termasuk supir. bisa bayangin?

nah saat ini, ada kebijakan baru. angkutan harus jalan setiap lima belas menit sekali, dengan atau tanpa penumpang. jadi kadang kasian juga kalau jalan, angkutan masih kosong. sepertinya engga sumbut dengan cape dan ongkos bensinnya. kesian...


rencananya, sampai sumbermanjing ke tologosari, desa di mana saya dilahirkan, saya mau jalan kaki. sambil mengingat masa smp dan sma yang tiap hari jalan kaki pergi-pulang. tapi hari ternyata udah siang, jadi niatan itu runtuh seketika ketika abang ojek menawarkan jasanya.. tsaaahhh

di rumah, udah ada ibuk yang lagi nyuapin cucu dari kakak saya yang kedua. senyum sumringah dan aura kebahagiaan keluar dari muka beliau yang tambah keriput. ya Robb, saya sunggung menghormatinya, saya sangat mencintainya, surga saya di bawah telapak kaki beliau. saya sungkem, cium tangan beliau, dan mencium kedua pipinya, seperti biasa.. alhamdulillah, bapak dan ibuk sehat semua.


di malang, saya sempatkan untuk nyekar, banyak ngobrol sama bapak, ibu, dan kakak-kakak saya. selain itu, saya juga sempatkan untuk mengunjungi saudara juga. semua dilakukan agar tidak 'kepaten obor' istilah orang tua dulu. sebenarnya saya juga pengen dimasakin soto. mmhh... soto buatan ibuk saaangat nikmat. rasa soto yang terenak yang pernah saya makan di dunia ini. tapi, karena ada kesibukan, saya engga tega untuk memintanya. hehe


bongkar lemari pakaian... ish, nemu baju kenakalan remaja saat lulusan sma belasan tahun silam. haha. penuh coretan dari teman-teman angkatan. ada noda tinta juga haha.. makin lusuh, kotor, dekil. memang engga saya cuci setelah hura-hura itu.

walau saya engga bisa tinggal lama di desa itu dengan satu alasan, tapi terlalu banyak kenangan di desa tlogosari.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar