Kamis, 13 Juli 2017

negeri para sultan

apabila ada pertanyaan...


"negara mana yang peeengeeen beudh kamu kunjungi", dan pertanyaan tersebut ditujukan kepada saya.. maka jawabannya adalah turki.

yaps, saya pengen banget mengunjungi negrinya erdogan tersebut. nntah magnet apa yang dapat menarik hati saya untuk mengunjunginya. Yang jelas, banyak warisan peninggalan peradaban islam di sana..

dulu pernah saya lihat film garapan 'mas' guntur soeharjanto tahun 2013, masih ingat?? iyaaa.. 99 cahaya di langit eropa, yang sedikit banyak telah membuka mata saya, betapa kejayaan islam di masa lalu di eropa. film yang dimainkan dengan apik oleh mba acha dan mas abimana itu... yah malah omongin film hehe.

whatever lah... yang jelas islam pernah berjaya di bawah naungan khilafah selama berabad-abad, dengan ibukota salah satunya adalah konstantinopel atau istanbul di turki sana. di negeri yang berada pada dua benua tersebut, para sultan memegang pemerintahan islam, yang membentang dari eropa tenggara, asia barat/kaukasus, afrika utara, dan tanduk afrika, sebelum runtuh pada tahun 1924.. dan itu patut disayangkan.

dahulu kala, masih di smp dapat pelajaran sejarah yang entah benar atau tidaknya. dari 'cerita' sejarah yang saya dapatkan tersebut, gegara pemerintah turki osmani -begitu mereka bilang- negara kita dijajah belanda. memang sih iya. karena kemajuan peradaban islam dari sana, dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terbaik di zamannya, sehingga pemerintah turki osmani memegang penuh perdagagan dan sumberdaya alam, termasuk rempah-rempah. dengan kekuasaan tersebut, pemerintah turki osmani tidak memberikan akses bagi para pelaut barat untuk menuju ke timur melalui wilayahnya. silakan cari jalan sendiri... hmm... akhirnya mereka mengitari afrika untuk menuju ke hindia, dan sampai juga di negara kita. itu sih versi sejarah di zaman saya waktu menempuh pendidikan di smp yaa.. 

dan sekarang saya cukstaw hehe... sejarah memang dibuat sesuai selera para penguasa dizamannya. wallahualam..

dan sekarang, bagai tak terbendung niat saya untuk mengujungi turki, ke istanbul, atau ke pelosok negerinya. mengunjungi hagia sofia dan situs lainnya sebagai bukti peningggalan sejarah di masa lalu. mengenang kembali bagaimana para sultan memerintah, bagaimana rakyatnya saat itu... oh indah banget tentunya.

semoga suatu saat, Allah menyampaikan niatan saya
aamiin ya Robb..



foto: www.britannica.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar