Minggu, 31 Maret 2013

kajian di kantor

alhamdulillah... saya bekerja di sebuah kantor, dengan terdapat sebuah masjid dan berbagai macam kegiatan kajian yang mewarnai beberapa hari dalam seminggunya. memang tidak tiap hari, namun lumayan dua kali sepekan dapat menambah cakrawala ilmu baru.

masjid al-amin kementerian keuangan. masjid dengan tiga lantai, telah dilengkapi fasilitas pendingin ruangan di lingkungan kementerian keuangan, sisi dr.wahidin. di sisi lapangan banteng timur, juga terdapat sebuah masjid, namun saya udah lama engga sholat di sana. kangen juga siy, tapi kadang kaki ko rada berat menuju ke sana. ada yang lebih deket hehe. kan sama-sama masjidnya ini, insya Allah engga ngurangi pahala beribadah di dalamnya..

balik ke kajian di masjid al-amin... setiap hari senin, ada kajian ustad musyafa lc. beliau mengisi tafsir Al Qur'an. saya sangat suka dengan cara penyampaian kajian beliau. dengan suara yang lantang, dan referensi keilmuan yang luas, membuat kita jadi tau banyak hal. yang paling saya suka adalah bagian dari kajian beliau yang membahas tentang sejarah Islam. bukan berarti engga suka ama bagian yang lain looh.. hehe. sangat membekas di benak saya ketika diterangkan materi perang fitnah, yang diawali dengan pembunuhan khalifah Utsman bin Affan. waktu itu beliau mereferensikan sebuah buku yang layak dibaca, kalau tidak salah ingat karangan DR. Muhammad Amhazun. sayangnya ketika saya cari di toko buku gramedia, tidak ada.. hiks.

hari rabu, ada kajian tematik. kadang ada sirah nabawi yang dibawakan oleh ustad muqoddam cholil. beliau seringnya dibantu dengan bahan tayang berupa slide. selian sirah nabawi, di bagian akhir bulan biasa juga diisi oleh ustad muhsinin. ini juga favorit saya, materinya tentang tazkiatun nafs.. subhanallah, dengan mengikuti kajian beliau, saya lebih mengenal apa itu syukur, apa itu ihlas, bagaimana bersabar... sepertinya semua memang udah sunnatulloh, yang harus kita lewati dan harus pula dihadapi. hati itu jadi tenangggg gitu hihi. beneran temans.. klu engga percaya, dateng aja hari rabu ke masjid al-amin.

eh saya juga ada beberapa rekaman kajiannya loh.. bukan saya yang rekam, tapi ada teman dari unit inspektorat jenderal yang rajin mengabadikan kajian di masjid al-amin, widhi ridlo saputro. dari bliau, saya mendapatkan rekaman di masjid al-amin, dan masjid yang lain yang bliau ikutin. baik banget orangnya... jazakallahu khoiron, akhie.. smoga rahmat Allah selalu terlimpah buat antum.

hari rabu juga pernah diisi oleh ustad ahzami samiun jazuli. mmm tema kajiannya apa ya? hehe, saya kurang begitu nangkap klu kajian berat gitu. tapi asyik juga ko untuk diikutin. 

sementara itu, untuk menghidupkan suasana bada zuhur, sering diisi pula dengan pembacaan beberapa hadist yang terkumpul dalam kitab riyadus shalihin, karangan Imam An-Nawani.

hehe, banyak kan kajian di kantor ku.. eh, kita. so guys, ayo kita ke masjid. menjadi generasi pencinta masjid, generasi yang selalu rindu dengan masjid. semoga memberikan keakhiran yang husnul khotimah bagi kita. amin Ya Rabb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar