Minggu, 05 Mei 2013

bandung +709m

di dalam kereta menuju ke arah bandung beberapa waktu yang lalu, terdapat pertanyaan yang menggelitik yang saya lontarkan kepada teman sebangku selama perjalanan, mas arief..


bila kita naik kereta, apakah kereta api jarak jauh atau kereta komuter, tentunya selalu memperhatikan, atau minimal sekedar pernah melihat papan putih bercat biru dengan dengan logo pt.kai dan tulisan nama stasiun kan? pada hampir seluruh papan nama stasiun, terdapat nama dan bertuliskan '+' (tambah atau lebih) dan diikuti dengan angka, dan huruf 'm'. misal seperti gambar di atas "BANDUNG +709M", yang diambil dari kamera kerennya mas heru.. ijin copy mas hehe.

sebenarnya, apakah maksud dari semua ituh? *_* hihiii..

saat itu, saya coba tanyakan ke mas arief, namun tak terjawab. sebenarnya saya udah punya jawabannya siy. cuman ngetes aja orang-orang di sekitar, tau ga maksud jajaran kai memberikan informasi seperti itu.

dari dulu, saya juga penasaran! saya berfikir, apa artinya panjang bangunan stasiun yah? atau panjang peron tempat menunggu para calon penumpang? atau malah panjangnya rel? hahaha... yang terakhir engga ada dasar pemikiran sama sekali.

sampai suatu hari, saya mendengar cerita dari seorang teman yang berprofesi sebagai guru di salah satu sd. dia menjelaskan bahwa arti semua itu adalah posisi ketinggian bangunan stasiun bila diukur dari permukaan air laut. oowalah... hehe. tanda itu bisa berupa '+' tambah/lebih, bisa juga '-' minus/kurang. 'bandung +709m' berarti posisi stasiun bandung berada di ketinggian 709 meter di atas permukaan air laut. bila tandanya minus (-), maka posisi stasiun tersebut di bawah permukaan air laut. namun sampai dengan saat ini, saya belum pernah menjumpai papan nama stasiun dengan tanda minus.

so what?

yaaa.. jadi semakin tinggi posisi stasiun, berarti akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya karena jalananan mendaki. dan begitu juga sebaliknya hehe.. kurang lebihnya seperti itu ya pemirsah.

berapa ketinggian stasiun terdekat dari rumah kita? klu stasiun buaran, berapa yaa?? hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar