Jumat, 24 Mei 2013

perbincangan di toilet, 11-1-13

11 januari 2013


mungkin hari yang tidak terlupakan sepanjang hidup saya.. sebenarnya saya engga ingin menuangkan pengalaman saya di hari itu di blog ini. tapi karena satu dan lain hal, saya ko aga tergelitik juga untuk menuliskannya #hayah! semoga kalau ada yang kesasar hingga membaca blog ini, tidak menganggap saya norak, kampungan, ndeso, dan lain-lain. eh.. tp kan saya emang norak, dari kampung, atau tepatnya emang bener ndeso hehe..

masih beberapa hari di bagian yang baru, udah mulai ikut lembur dan pulang telat. memang sangat jarang di bagian sebelumnya saya lembur atau pulang telat. hampir setiap hari selalu tenggo. (masih inget kan dengan tenggo...? di tulisan sebelumnya). keculai di akhir-akhir menjelang kepindahan saya ke bagian yang baru, banyak pekerjaan terkait dengan rencana pelaksanaan pembayaran tunjangan kinerja di lingkungan kemenkeu yang membuat mau tidak mau harus lembur. saya bukan anti lembur yah.. saya bersedia lembur kapan pun (insya Allah) kalau memang ada pekerjaan yang jelas. soalnya di rumah udah ada yang menunggu :D ..

malah ngelantur kemana-mana.. #maklum.

nah, sehari sebelum hari kejadian, saya menemani teman-teman di bagian perencanaan yang lembur untuk menyiapkan bahan rapat pak sekjen esok hari. mmm.. OK OK! ritme pekerjaan yang sangat berbeda dengan ritme pekerjaan di bagian sebelumnya. sesuai tugas dan fungsi (tusi) bagian kami, mungkin hanya di awal-awal tahun saja (januari-april) yang lebih repot dan memerlukan tenaga ekstra untuk mencurahkan segala upaya bla bla bla.. hahaha. lebay pokokna mah.
selain awal-awal tahun?? masih ada pekerjaan juga pastinya. mungkin bisa disebut di luar tusi. dan yang paling berbeda adalah pekerjaan yang ada harus segera mungkin untuk diselesaikan. karena sifatnya bukan pekerjaan rutin atau klarikal, seperti di bagian perbendaharaan. en gimana klu pekerjaan baru datang sehabis sholat ashar? yaa harus kelar heee... lembur lah. 
lantas hal seperti apa yang akan digunakan sebagai bahan rapat pak sekjen pada tanggal 11 januari 2013? iyah.. jadi sesuai arahan pak menteri, di kemenkeu akan dibuat sebuah panduan akan kemana kementerian ini melangkah, dari tahun 2014 sampai tahun 2025. panduan tersebut tersebut dibuat dalam satu keputusan menteri tentang kebijakan strategis kementerian keuangan (kskk). masih ingat kan aktornya?? juga ada di tulisan sebelumnya..
jadi pak menteri minta progres report perkembangan kskk dalam rapat esok.

uumm.... panduan ini yang membuat saya mendengar perbincangan dari beberapa pejabat kemenkeu di toilet ruang rapat menteri. salah satu diantaranya ada pak sekjen juga. 
"wah, macam kita dibawa berlari..
entah dari siap kalimat itu terlontar..
"bla bla bla bla..." pejabat lain yang menanggapi kalimat sebelumnya.

para pejabat sudah sangat merasakan gimana rasanya saat ini beliau-beliau memeras otak untuk kementerian ini, namun menterinya mengajak untuk lebih 'berlari' lagi. memang itulah pak menteri agus, yang menurut saya sangat visioning, memandang sangat jauh ke depan. hal-hal apa saja yang akan kementerian capai di tahun x.. tahun y dan seterusnya. semua harus tertulis dengan detil. hal itu yang menyebabkan para pejabat mmm... bisa dibilang "mengeluh" 'diruang itu'. sebenarnya bukan mengeluh siy, tapi perbendaharaan kata saya yang terbatas membuat saya tidak dapat menemukan kata yang tepat.

betewe.. gimana ceritanya saya bisa nyasar ke toilet itu? iyah, pagi di jumat itu mendadak ada telepon dari temen pushaka (ibaratnya ini adalah divisi yang melayani pak menteri selama 24 jam hehe), yang meminta salah seorang diantara kami untuk menayangkan bahan rapat yang kami lembur malam sebelumnya. menayangkan? iya, asrot atau asisten sorot hehe. karena teman-teman yang lain kebiasaan main futsal tiap jumat pagi, akhirnya saya lah yang diutus kesana untuk nge-asrot..

turunlah saya ke lantai tiga. di bawah udah ramai para pejabat dari seluruh unit di lingkungan kemenkeu. terus terang saya amat-sangat-ndredeg-sekali di pagi itu. andai detak jantung dapat didengarkan dengan telinga telanjang #eh, pasti semua mata di ruang rapat sudah tertuju pada tempat duduk saya, yang hanya beberapa meter dari tempat duduk pak mentri, pak wamen, en pak sekjen.. kalau mas heru, dan mas-mas yang lain, udan terbiasa di posisi saya, jadi lebih menguasai medan *_*

walaupun sangat haus, saya engga berani minum teh yang disajikan oleh staf tata usaha menteri. mo minum gimana, belum minum aja udah sangat kebelet. dan alhamdulillah, di sela-sela rapat, pak mentri bilang: "oke, kita rehat sebentar..." lalu masuk ke ruang kerja beliau. secepat kilat saya menuju toilet, yang ternyata beberapa pejabat udah pada di sana. hehe, masih kalah cepat juga ama beliau-beliau. dan di toilet itu terdengarlah perbincangan para beliau seperti yang telah saya ceritakan tadi.

setelah selesai, saya masuk kembali ke ruang rapat... dan 'prahara' 11  januari 2013 pun terjadi. what?? ada apa siy?? iyah... waktu itu hape saya menuju detik-detik 11.25... tik tak tik tak tik tak daaaaan ketika pas menunjukkan waktu tersebut, alarm hape saya menyala. "tang ting tung... tang ting tung... tang ting tung" sampai lamaaaa sekali. hah ko lama? he-em, saking groginya saya bingung matiinnya. haha. maklum hape touchscreen pertama nih, disaat grogi seperti itu akan lebih sangat sulit mematikannya. saya mencoba untuk matiin sesegera mungkin, namun tetep saja hape bernyanyi. tau engga, bahkan ada niatan untuk mematahkan hape tersebut jadi dua.. hwaaaa...

ga menghiraukan berapa pasang mata yang mungkin tertuju ke arah saya.. saya hanya merunduk setelah semua terjadi. memang udah tersetting sebelumnya, pasang alarm setiap hari jumat jam 11.25 wib sebagai pengingat untuk siap-siap sholat jumat. walau hape udah dalam kondisi silent ataupun off, kalau emang udah waktunya maka akan tetap menyala. hanya baterai yang berkuasa saat itu hehehe.. 

tapi.. dengan alarm itu, pak menteri segera menyudahi rapat yang beliau pimpin. alhamdulillah. bangga bisa ingetin pejabat selevel menteri untuk sholat jumat #eh.

pas keluar ruang rapat, udah siap-siap andaikan disemprot oleh ibu karocankeu.. atau pak fin. tapi selama di lift saat naik ke ruangan, tidak dibahas sama sekali terkait prahara 11 januari 2013.. eeaah.

pak menteri agus udah dilantik menjadi gubernur bank indonesia beberapa hari yang lalu. dan saat ini, kementerian keuangan dipimpin oleh pak m.chatib basri. selamat bertugas di kantor baru pak agus marto.. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar