Senin, 06 Mei 2013

berburu tiket mudik

pagi hari, di kantor udah heboh dengan perburuan tiket untuk mudik musim lebaran tahun ini. kereta nampaknya masih menjadi primadona dalam tradisi pulang kampung idul fitri. saat ini, tiket kereta udah bisa diperoleh h-90 sebelum hari keberangkatan. tidak seperti dulu, hanya 30 hari menjelang hari keberangkatan baru bisa memesannya. sangat merepotkan!

pemesanan tiket kereta, selain mendatangi stasiun yang menjual secara online, dapat juga melalui web pt.kai, maupun web online yang lain, seperti tiket.com. selain itu, indomaret dan perusahaan jasa pengiriman, tiki, juga melayani pemesanan tiket tersebut. makin banyak pilihan, dann.... sangat memudahkan!


tapi anda tau, tiket kereta saat lebaran juga mengalami kenaikan dibanding dengan hari-hari normal. sampai hampir 100% loh.. makanya tak heran bila seorang teman di kemenko ekuin menghabiskan anggaran hampir Rp2juta untuk mudik bertiga, sekali jalan. waw!!

dan hal yang baru dalam dunia pertiketan kereta adalah pt.kai sekarang menjual tiketnya dengan kelas-kelas untuk kelas yang sama. nah bingung kan?? hehe. jadi udah kaya penjualan tiket pesawat aja getoh. untuk keberangkatan satu kereta, harganya bisa berbeda-beda. seperti itu juga kan kalau kita pesan tiket pesawat? dengan tujuan yang sama, dalam satu pesawat masing-masing 'sewa' bisa berbeda harganya.

seperti 'dilansir' oleh tiket.com sebagaimana gambar di atas, hehe, saya mencoba untuk membeli tiket kereta dengan jurusan yang paling basah sepanjang hayat, ka gajayana jurusan jakarta - malang pp. ko gitu? iyah, pengalaman untuk pembelian tiket lebaran empat atau lima tahun yg lalu, tiket ka gajayana paling cepat habis...
tadi pagi, coba buka web tiket.com dan mencoba cari tiket untuk jurusan tersebut untuk tanggal 4 agustus 2013, hasilnya seperti gambar. terdapat satu kereta, dengan beberapa harga. mulai dari Rp525.000,- sampai dengan Rp600.000,-.  masih tersisa untuk harga yang termahal.. harga yang lain udah ludes. saya yakin untuk keberangkatan hari-hari sebelumnya udah habis juga. uh, malaaang.. malang.


kata udin siy, dengan harga yang beragam itu, tinggal kita cari kursi yang mana? makin berisiko kursi kita bila terjadi kecelakaan, maka harganya akan lebih murah daripada kursi yang lebih aman. hehe, bisa aja lu din..

tapi kan namanya kecelakaan, semua ga bisa ditebak, semua berharap tidak akan terjadi. hanya saja, kita bisa menghindarinya dengan berdoa sebelum berangkat. kalaupun masih terjadi juga walau kita udah berdoa, yaa itu namanya takdir..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar