Kamis, 13 Juni 2013

menunggu momentum

tahun baru wajib buat perubahan, kalau perlu bikin daftar resolusi apa-apa yang akan dicapai di tahun yang baru.. 

banyak orang dan mungkin termasuk kita yang memiliki rencana untuk berubah. berubah itu wajib loh! rasululloh pun menegaskan dalam sabdanya :

"Barang siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka beruntunglah orang tersebut, barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin maka termasuk orang yang rugi, dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka termasuk orang yang celaka".

jelaslah bahwa semua orang wajib berubah, berubah ke arah yang lebih baik tentunya. bukan berubah ke arah yang sebaliknya. hari ini kita sholat hanya yang wajib-wajib aja, besok minimal salah satu rawatib bisa kita kerjakan. apalagi rawatib dua rekaat sebelum shubuh, yang kalau dikerjakan lebih baik daripada dunia dan isinya. wow...
jumat ini kita hanya infaq di masjid Rp2.000,- dan jumat depan minimal Rp5.000,-. senin ini kita engga shoum senin-kamis, insya Allah senin en kamis depan kita shoum.. dan begitu pula seterusnya. 

bukan hanya ibadah mahdhah (ibadah langsung kepada Allah) aja loh ya yang perlu kita rubah ke arah yang lebih baik, namun juga dalam bermuamalah dengan sesama manusia juga kita jaga. kemaren biasa aja bila ketemu tetangga, hari ini minimal kita kasi senyuman yang ihlas.. ingat, itu udah dinilai ibadah! dan setiap ibadah selalu ada pahalanya, jika kita lakukan dengan ihlas sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh rasululloh. dan besok ketemu tetangga lagi, minimal kita kasi salam.. wow, doa tuh!

begitu pula seterusnya, kita selalu wajib berubah ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu.

lantas, apa perubahan hanya menunggu bergantinya tahun? menunggu kita ulang tahun? menunggu lulus kuliah? menunggu nanti saat kita udah nikah? nanti bila udah punya anak?? 

plis guys! perubahan ga perlu menunggu semuanya. tau kapan nyawa kita dicabut? ada yang jamin usia kita sampai pada tahun baru tahun depan? yakin kita bisa nikah, sebelum dicabut nyawa kita?? 

kita engga bakal tahu itu kapan terjadinya. kita hanya bisa merencanakan perubahan, namun Allah lah yang punya kita. Dia berhak kapan aja mo panggil kita. sebelum 'momentum' hari ini diambil oleh Yang Maha Berhak, yok setiap saat kita niatkan untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik. yok ga usah nunggu besok! bila sekarang bisa, mo kapan lagi mumpung waktu masih ada.

bismillah, ampuni kami ya Rabb. beri kami kekuatan, hilangkan rasa malas itu. berikan hidayahMu, sertai langkah kami selalu, dan berilah ridho atas kebaikan yang telah kami lakukan... amin

(bukan momentum tahun baru saya menuliskannnya. namun bila tidak sekarang kapan lagi nulisnya, mumpung masih ada waktu. hehe...)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar