Kamis, 05 September 2013

dahsyatnya niat

"puasa, biar engga laper sahur yang banyaaakk!!"
eeaa..

walau ramadhan tahun ini udah lewat, namun untuk menghiasi hari-hari setelahnya dan agar ramadhan tetap ada dalam hati kita (hehe) engga ada salahnya menghidupkan puasa sunnah. puasa senin kamis, puasa tengah bulan, atau puasa daud (satu hari puasa satu hari buka).

saya mencoba untuk menekuni salah satunya, dan memang baru itu yang saya coba. seinget saya mah belum pernah menekuni puasa tengah bulan, apalagi puasa daud. puasa tengah bulan engga ditekuni lebih karena sering engga tau kalau hari itu adalah tanggal tengah-tengah pada penanggalan hijriyah. kalau puasa daud.. mm kayaknya engga kuat hehe. masih terlalu banyak makanan yang menggoda.

puasa memang lapar, namanya juga menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa selama lebih dari dua jam. dan yang membatalkan puasa salah satunya adalah makan atau minum. hmmm.. sebuah godaan terbesar kayaknya kalau puasa sunnah seperti ini. gimana engga? pas lagi asyik berlapar-lapar ria, ada temen yang makan di deket kita. aromanyaa menggoda.. kesegaran minumannyaaaa waaoooww.. hehe.

pernah ngetwit dalam akun twitter saya, udah lama siy, tapi isinya kurang lebih seperti ini
"walaupun sama laparnya, tapi lapar orang berpuasa itu beda."
ada satu yang balas sih.. mas @Guard4indigo, dia bilang "masa sih a?" dia memang sering manggil saya 'aa', ya wis saya pun sering manggil balik dia 'aa' juga jadinya. #impas ^_^

tapi yang saya rasakan memang seperti itu. biasanya rasa lapar yang saya rasakan itu menjelang pukul 11.00 atau sebelumnya.. itu berlangsung selama kurang lebih satu jam.. tapi saya sering menganginlalukan rasa itu, sehingga rasa lapar bisa dilupakan. laparnya orang puasa masih ada harapan untuk bisa makan saat waktu buka tiba. tapi laparnya orang yang kelaparan, aduh kasian. badan gemetar, engga konsentrasi melakukan apapun.

saya pernah 'bereksperimen' bahwa dengan makan sahur yang banyak akan dapat meredam hasrat lapar yang lebih panjang. hm hm, sebentar! eksperimen saya ternyata salah. saya makan sahur yang kenyang-sekenyangnya, sampai engga muat apa-apa lagi istilahnya, eh malah berasa lapar siang harinya, lemas, ngantuk, dan males ngapa-ngapain.

dan dalam puasa ramadhan ini, saya baru tahu rahasianya. dengan sedikit makan sahur, maksudnya sekedarnya saja, kita malah akan tetap tahan lapar di siang harinya. ramadhan lalu, tidak jarang saya sahur hanya dengan beberapa potong buah dan air putih, atau beberapa gorengan tahu dan air putih, atau sekedar dengan salad buah dan air putih. walau engga tiap hari juga seperti itu. masih sahur pake nasi juga ko, beberapa hari di antaranya.

hehe, dan saya mencobanya untuk melakukannya di luar bulan puasa. apa hasilnya? pagi sarapan dengan salad buah, jam 9.00 udah mulai berasa lapar lagi. ko bisa gitu ya?

ternyata masih ada rahasia di balik rahasia. apakah itu? niat.

iya niat kita tulus ihlas untuk melakukan puasa. dengan berniat yang sungguh-sungguh insya Alloh kita akan dijaga dari rasa lapar dan haus selama menjalankan puasa. sedikit rasa lapar yang dirasa, malah akan terasa lebih nikmat. 'mmm.. sabar-sabar, nanti ada waktunya buka'. 'banyak orang di luar sana yang lebih lapar dari mu..'. 

masih inget kata ustad, tidak ada orang mati karena puasa, tapi banyak orang mati karena kelaparan. hehe. bener adanya!

jadi, jangan sekali-kali menyepelekan niat. niat kita untuk maju, niat kita untuk pergi umroh, niat kita untuk melanjutkan studi, dan niat-niat kita yang lain... karena ada yang Maha Mendengarkan Niat, dan karena niat itu

dahsyat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar