Selasa, 27 Mei 2014

knowledge management biro cankeu

saya saat ini aktif bekerja di sebuah biro..


biro perencanaan dan keuangan (cankeu) kemenkeu tepatnya hehe. rencananya biro ini akan membuat sebuah manajemen pengetahuan agar semua anggota organisasi mengetahui hal-hal baru, baik tentang ilmu pengetahuan maupun hal lain yang mestinya di-share dengan anggota organisasi yang lain.

kata mas ade dan mba mira, dua narasumber dalam kegiatan in house training (iht) pagi tadi, semua manusia dibekali dua pengetahuan. yang pertama tacit knowledge yaitu pengetahuan yang ada dalam diri manusia, yang saat ini tersimpan dalam otak masing-masing. dan yang kedua adalah explicit knowledge, nah yang ini pengetahuan yang udah dituliskan sehingga semua orang bisa mengaksesnya. sayangnya, perbandingan antarkeduanya menurut sebuah penelitian adalah (TK : EK) 80 : 20. waw.. sayang sekali kan? banyak potensi yang belum terdokumentasikan.

bila apa yang ada di otak kita, mulai dari pengalaman, ilmu yang kita dapat, de-el-el semua dinyatakan dalam bentuk tulisan, akan semakin banyak orang yang mengetahuinya. berbagi ilmu dan pengalaman tentunya suatu hal yang baik, tidak ada ruginya. semakin banyak yang tau, semakin banyak yang pintar.

salah satu yang melatarbelakangi knowledge management adalah saat ini biro cankeu telah melakukan mutasi pegawai secara rutin tiap tahunnya. nah, permasalahan yang timbul dari hal ini adalah sumber daya yang dimutasi sudah mempunyai keahlian tertentu. pengalaman dan ilmu yang dia dapat ditempat kerja yang lama sudah banyak. bila keahlian tersebut tidak dituliskan, maka organisasi yang ditinggal akan kehilangan sumber daya tersebut dan mungkin akan kesulitan untuk menggenjot sumber daya yang baru agar selevel dengan sumber daya yang dimutasi. 

kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka knowledge management kalau menurut hasil diskusi tadi adalah salah satunya dengan cara memaksimalkan iht yang selama ini telah sering dilaksanakan. walau kata mas halim, iht perlu dievaluasi karena tingkat kehadiran saat ini rata-rata 30% saja. 

saya sangat sepakat dengan bang maru yang mengatakan bahwa di era saat ini tidak ada anggota organisasi yang bisa bilang "saya belum tau..". semua bisa diakses dengan mudah, baik itu peraturan, proses bisnis, ilmu pengetahuan, dll. nah oleh karenanya, diperlukan komitmen dari seluruh lapisan manajemen organisasi, dari top manager sampai dengan level pelaksana untuk hal ini. karena sharing informasi sangat penting.

menurut saya, media yang sangat tepat untuk saat ini adalah melalui optimalisasi website biro cankeu. mungkin perlu kerja keras antara mas riki sebagai satu-satunya programmer di biro ini, untuk menampilkan apa-apa yang perlu di-share untuk kepentingan internal sebagai bagian dari proses knowledge management. silakan dipercantik tampilan web-nya, dibuat semenarik mungkin sehingga kami sebagai user dan mungkin pengunggah kontennya akan senang bila mengunjunginya. sehingga apa yang dikhawatirkan oleh mba tika bahwa kecenderungan di antara anggota organisasi prefer untuk membuka detik dapat diminimalisir. hehe

website atau media online lainnya sangat efektif karena dapat diakses kapanpun  dan dimanapun kita berada. saya yakin, hampir 80% pegawai ini yang mayoritas masih berusia muda telah melengkapi gadgednya dengan paket data bulanan hehe..


nah terkait konten atau isinya, bisa dari hal yang ringan terlebih dahulu. mungkin salah satunya berasal dari para pegawai yang telah selesai ditugaskan untuk menjalankan pendidikan dan pelatihan diwajibkan membuat semacam coretan terkait hal apa yang dilaksanakan di sana. apa aja yang dibahas. hal ini sedikit banyak akan menambah nilai tambah bagi anggota organisasi.


selain itu, mungkin juga update mingguan yang berisikan kegiatan-kegiatan setiap bagian. misal, minggu kedua bulan juni bagian perencanaan dan bagian penganggaran akan melakukan fiksasi rencana penerapan logic model di kemenkeu. minggu ketiga bulan juni akan dilaksanakan kegiatan yang sama namun dengan mengundang bappenas dan dja. dari informasi-informasi ringan semacam ini yang disajikan dengan visualisasi yang menarik tentunya selain menambah informasi anggota organisasi. semua anggota akan update tentang kegiatan apa yang sedang berjalan dalam organisasinya.

hanya sekedar saran yang belum tersampaikan dalam iht tadi pagi.. *_*





Tidak ada komentar:

Posting Komentar