Senin, 04 Agustus 2014

dan hp pun bunyi

"lurus dan rapat....


... periksa kembali alat komunikasi, pastikan telah disilent atau dinonaktifkan". kurang lebih himbauan imam sesaat menjelang takbiratul ihram, sebagai penanda sholat telah dimulai, dikumandangkan.

masjid al amin kemenkeu dalam proses renovasi

tak terkecuali di masjid al amin - kementerian keuangan, imam selalu mengingatkan jamaah sholat untuk selalu tertib dan khusuk, salah satunya dengan mensilent atau menonaktifkan henpon sebelum sholat dimulai. "Allohu akbar..!", seru imam seraya mengangkat kedua tangannya sejajar dengan dua telinga, kemudian bersedekap.

"tolelot.. toleloot... toleloooottt..." entah rington gimana lagi, yang pasti bunyi hape itu seolah mengikuti takbiratul ihram imam, sesaat setelah dikumandangkannya. bunyi-bunyian yang sangat mengganggu! apalagi kalau rington berupa lagu yang lagi naik daun. hadeuh, makin engga khusuk rasanya sholat itu.

(1) kadang ada jamaah yang bijak. mungkin dia lupa atau engga sadar bahwa hapenya telah terseting 'nada dering aktif', sehingga saat mengetahui hapenya bernyanyi dia buru-buru mematikan dengan merijek panggilan masuk tersebut. (2) namun ada juga yang engga bijak sama sekali, dengan membiarkan hapenya bernyanyi ria, sehingga jamaah yang lain sangat-sangat terganggu. kaya di tempat karaoke aja hehe..

perilaku jamaah yang kedua itu membuat saya engga habis pikir! apa sih susahnya ambil hape di saku, dan geser panggilan masuk ke arah rijek. it's so simple, man! ga ribet-ribet banget. 

(1) malu? 
risiko lupa mensilent atau nonaktifin hape. 
lagian makin lama makin tambah malunya.

(2) sholat ga boleh gerak! 
eh, sapa bilang? 
misal ada ular dan binatang buas lainnya yang membahayakan di sekitar kita sholat, apa kita diam saja?
misal ada tamu yang mengucapkan salam ingin bertamu ke rumah kita, diem aja gitu?
misal ada orang yang mau melewati batasan sutrah sholat kita, apa masih tetep diem aja en engga boleh gerak?

agama itu dibuat untuk memudahkan, bukan mempersulit..

dan sekarang, pilih mana antara sedikit 'gerakan' yang bisa membuat jamaah lain menjadi lebih nyaman beribadah dan khusuk sholatnya, atau tanpa 'gerakan' dengan membiarkan hape terus tolelot-tolelot sementara jamaah yang lain terganggu sepanjang pelaksanaan sholat berjamaah.

ini terjadi pada sholat dzuhur siang tadi...



gambar siemen a55 dari http://www.saintclassified.co.uk
mengingat hape pertama yang pernah saya punya, dan sampaidengan saat ini masih berfungsi sebagai alat komunikasi hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar