Minggu, 03 Agustus 2014

lebaran 2014

nah haha..

beda judul aja ama tulisan sebelumnya. beda isi juga ding, soale tulisan yang pertama lebih cenderung ke ucapan selamat aja. kalau tulisan ini, mmm lebih cenderung ke liputan lebarannya hehe. di tivi banyak liputan mudik, kalau di sini khusus liputan lebaran seorang 'sadewa', marlin pinanggih.


masuk ke sepuluh hari terakhir ramadhan, alhamdulillah masih bisa menyempatkan diri untuk itikaf di masjid favorit, masjid baitut taqwa kantor pusat ditjen bea dan cukai di jl.baypass rawamangun - jakarta timur. dari awal saya menikah, bahkan sebelumnya, saya memang lebih memilih masjid itu daripada masjid yang lainnya di jakarta timur ini. alasannya adalah : 
1. peserta tidak terlalu ramai, jadi tenang dan ga berisik.
2. engga jauh dari rumah, walau ada juga sih yang lebih deket. (mmmh, piye toh)
3. adem, karena udah ber-ac. walau jakarta pas bulan ramadhan cendereung dingin cuacanya.
4. ada sahur gratis, haha.. ini khusus 200 pendaftar pertama. tapi secara umum semua dapet karena yang itikaf di sana engga terlalu banyak.
5. kamar mandi masjidnya banyak, jadi kalau kebelet ga ribet hehehe
6. ..... (masih banyak sih alasan yang lain).

dari sepuluh hari tersebut, bolong dua malam. yaitu, malam 21 yang saya engga menyadari itu malam udah masuk 21 sehingga engga ada persiapan. dan malam 26, sebenarnya udah mau jalan. tapi setelah isya mo tiduran barang satu jam, eh bablas sampai sahur tiba. yah, nyesel juga sih sebenarnya.

hari terakhir ramadhan, mmmhh.. seperti engga percaya kalau ramadhan udah mo berakhir. ko cepet banget rasanya 29 hari itu. bener-bener kaya hanya sekejap mata. padahal saya merasa belum melakukan apa-apa, belum maksimal banget ibadahnya. satu harapan terakhir, smoga tetep istiqomah dan dipertemukan dengan ramadhan tahun depan.

malam takbiran, tepar. mungkin akumulasi kengantukan (halah, kosakata dari mana itu) selama rangkaian itikaf sepuluh hari terakhir ramadhan. tapi paginya, udah siap dengan baju dan sarung baru. hehe, sepertinya baru tahun ini lebaran beli baju baru. berangkat jam 6.15 ke lapangan parkir perumahan. lapangan itu selalu jadi tempat sholat ied, baik iedul fitri maupun iedul adha. 


warga rw 06 kel.malakasari telah berkumpul di sana, dan siap melaksanakan sholat ied yang dilanjutkan dengan khutbah ied. mmm, ini pak khotibnya mana ya? hilang ketelan mimbar haha. saya duduk tepat di depan mimbar khotib (orang yang memberikan khutbah/ceramah). mmm, ngomong-omong si fadhil kemana ya? ko ga keliatan di sholat ied ini. biasanya kalau tarawih selalu deketan duduknya hehe..

selepas sholat ied, sempat bersalaman dan saling meminta maaf dengan segenap warga rt 05/06. ada yang datang ke rumah, saya dan istri juga keliling mengunjungi rumah-rumah yang kebuka hari itu. ada juga saudara yang datang dari jauh ke rumah, baik saudara dari istri maupun saudara dari saya sendiri. ada yang dari bekasi, ada yang dari tangerang, dari bogor, dari bandung, dan ada pula yang dari jogja. alhamdulillah, rame sekali lebaran pertama di jakarta ini.


jalanan jakarta juga cukup lengang di hari kedua iedul fitri dan seterusnya. sangat bersahabat. untuk tujuan yang sama di hari biasa, dapat ditempuh lebih cepat. bahkan ke jatibening atau depok pun serasa lebih dekat karena waktu tempuh yang singkat.

krucil-krucil keponakan dari istri saya sempat meramaikan rumah selama beberapa hari. karena kondisi bapak mertua yang kurang sehat, beberapa hari mereka dihabiskan di rumah aja. kasian juga sih ngeliatnya hehe. mungkin mereka bete kelamaan di rumah aja, akhirnya kami mengabulkan permintaan mereka ke mall kelapa gading, nyari es krim yang katanya belum ada di bandung. hadeh.. ayolah! sebelumnya juga kami ajak ke sevel, convenience store yang memang belum ada juga di bandung. di sana sih adanya 7 (tujuh)-sebelas, bukan 7 (seven)-eleven seperti di jakarta.


rencananya mo ajak mereka naik citytour juga, itu bus wisata tingkat yang muter-muter beberapa destinasi di ibukota yang belum lama diresmikan jokowi. tapi waktunya udah mepet dengan jadwal kepulangan mereka ke bandung, ya wis mam bakso erik plus es podeng aja di matraman.

pulangnya nelpon mas pian, teman kantor, mo mampir untuk sekedar silaturahmi lebaran. ga diangkat sama beliaunya. yaaa, ga jadi mampir deh. padahal udah di matraman. begitu juga saat main ke rumah saudara sepupu di depok, rencananya mo main ke rumah mas arief. pas udah di depan gang masuk, eh di portal. ada tulisan sih untuk melalui gang satunya lagi yang berjarak kurang lebih 100m. tapi engga tau belok-beloknya. ya wis, coba nelpon mas ariefnya, ga diangkat juga. gagal silaturahmi lebaran ke temen-temen kantor yang engga mudik. gapapa lah, toh nantinya bisa ketemu di kantor ini.

pengalaman lebaran di jakarta. bebas bermacet mudik ria, yang mungkin akan saya alami bila memutuskan untuk lebaran di bandung.. tahun depan, lebaran di mana yaa?? hehe

yakin masih panjang umur?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar