Rabu, 06 Agustus 2014

mengapa saya ngeblog?

dulu saat masih mengenyam pendidikan sma...

saya mulai gemar menulis. bukan tulisan yang serius, hanya tulisan tentang aktifitas sehari-hari dalam sebuah buku harian. haha.. ga penting banget ya! dan itu berlanjut saat saya melanjutkan pendidikan diploma di cimahi - bandung. berlanjut lagi setelahnya saat saya sudah mulai bekerja, serta berakhir beberapa saat sebelum saya menikah.

"apa hoby kalian?", tanya seorang dosen suatu saat. pertanyaan itu harus dijawab oleh semua mahasiswa. ada yang menjawab main bola, nonton moto gp, dan beberapa aktifitas kesukaan yang lain. "tulis menulis..!", jawab saya polos. saya sendiri engga pede dengan jawaban tersebut sebenarnya. tapi kalau kata-kata yang telah terucap memang engga bisa dicabut lagi, ya wis semua udah tersampaikan.

saya mikir ulang, jawaban macam apa itu, hoby yang engga jelas hehe. yang saya maksud tentunya adalah kegemaran mencatat kembali apa yang telah alami selama seharian, di malam hari menjelang tidur. itu yang saya maksud dengan tulis menulis. bukan menulis cerpen, makalah, buku, atau disertasi. tapi setelah dua kata itu terucap, saya dinobatkan sebagai sekretaris di kelas perbendaharaan. yeeaay #eh

ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan ketika menulis. semua emosi jiwa baik yang positif maupun negatif dapat dituangkan dalam kumpulan huruf yang menjadi kata, dan kumpulan kata yang menjadi kalimat, dan seterusnya sampai menjadi satu catatan aktifitas dalam sehari. saat itu belum ada komputer, apalagi leptop. bahkan saya ingat satu-satunya teman yang mempunyai komputer saat masih melanjutkan kuliah di cimahi hanya septu seorang. jadi, semua saya curahkan ke dalam lembaran buku dengan tulisan tangan. ada yang ditulis dengan tinta hitam, tinta biru favorit saya, dan ada sedikit yang saya tulis dengan tinta merah. merah bukan berarti marah, tapi memang saat menulis engga menjumpai tinta hitam maupun biru, hehe..

selain itu, korespondensi yang saat itu masih sering saya lakukan, juga merupakan salah satu sarana untuk memuaskan diri menghias kertas dengan kata-kata.

dan sekarang ketika teknologi informasi telah berkembang dengan pesatnya, saya mencoba untuk menuangkan apa-apa yang saya alami, harapan-harapan saya, atau sekedar melow-melowan ke dalam sebuah blog. blog ini bukan media pertama saya. sebelumnya, saya aktif di multiply, yang kalau engga salah saya telah mulai sekitar tahun 2006. sudah banyak tulisan saya di sana. namun karena salah satu hal, akun multiply saya tutup. nyesel juga sih sebenarnya, hilang sudah 'ocehan-ocehan' saya.

selanjutnya, setelah kosong berapa lama saya membuat blog baru di wordpress. beberapa tulisan telah saya torehkan di sana, walaupun tidak sebanyak tulisan di blog sebelumnya. karena kurang familiar dengan pengaturannya, saya memutuskan untuk pindah ke blogspot pertengahan tahun 2012 hingga sekarang. di blog terakhir ini tulisan terbanyak saya hehe. tapi tetap saja masih kalah dengan tulisan yang telah menjadi tumpukan buku-buku harian yang entah dimana sekarang berada.

hal yang menyenangkan adalah membaca kembali apa-apa yang telah saya tulis sebelumnya dikemudian hari. baik tulisan tangan maupun ketikan komputer sama-sama menariknya. bila tulisan tangan, selain tau gaya tulisan saya di satu masa, ada yang miring, ada huruf sambung, ada yang kotak-kotak, dan banyak gaya tulisan tangan saya yang lain. memang saya sering ganti gaya tulisan tangan. bosenan soalnya. selain itu juga membaca tulisan lama dapat mengingatkan kembali apa-apa yang saya lakukan di masa silam. kadang mesem-mesem sendiri kalau membacanya. 
"aku pernah nulis yang ini ya? ha.. ha.. ha.." -heran dengan tulisan sendiri-
"hah, aku pernah ngalamin hal ini?" -lupa kejadian lama, ternyata banyak kekonyolan yang telah saya lakukan..-
"lha, si anu dimana ya sekarang?" -inget kembali teman lama-
"waduh, harusnya yang ini kan bukan seperti ini!" -ketika banyak tulisan typo-

sama halnya ketika masih di bagian lama. saya menuliskan apa-apa yang saya kerjakan saat itu. day to day sampai detil, ngerjakan tugas ini dan itu. sampai catatan rapat juga ada. lagi dinas di luar kantor juga ada catatannya, bahkan ke dokter gigi di balai kesehatan pun saya catet. kurang kerjaan banget ya. tapi kalau baca-baca buku hijau itu, buku catatan day to day saya di bagian lama, jadi tau saya lagi ngerjakan apa pada satu tanggal. 

dan sekarang lagi nelatenin blog ini. baca kembali catatan lama ditambah ada beberapa fotonya juga.. hehe, seru! walau apa yang saya tuliskan engga sedetil seperti saat saya masih menulis di buku-buku, tapi seneng aja udah bisa bercerita. mengingat saya sangat lemah dalam bercerita dengan menggunakan bahasa verbal. itu alasan utamanya..

menulis bagi saya memberikan kebebasan yang luar biasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar