Sabtu, 05 Oktober 2013

diklat pengelolaan kinerja

ini diklat kali kedua saya di tahun 2013. setelah sebelumnya saya mengikuti diklat penyusunan anggaran berbasis kinerja, yang di selenggarakan oleh pusdiklat anggaran dan perbendaharaan, bppk. sedangkan diklat kedua saya ini, diselenggarakan oleh pusdiklat keuangan umum, bppk.

"marlin, ikut diklat bsc ya!" 'perintah' boss kepada saya seminggu sebelum pelaksanaan diklat dimulai.
"dengan senang hati..!" jawab saya, dalam hati siy haha. jawaban verbalnya saya lupa. 


memang, dari awal saya pengen banget ikut diklat yang sebelumnya bernama diklat bsc (balanced score card) ini. karena, secara pekerjaan masih ada nyambungnya. berbeda dengan dua diklat pertama saya, di luar diklat pra jabatan yah.. itu hanya untuk menambah ilmu saja, dan nambah teman tentunya.

pelaksanaan diklat hanya lima hari. menurut saya tidak kurang dan tidak pula lebih, alias pas banget. para pengajar diklat pengelolaan kinerja bukan dari widyaiswara seperti diklat-diklat yang lain, namun para praktisi yang kompeten di bidangnya. ada teman-teman dari pushaka (pusat analisis dan harmonisasi kebijakan - setjen) dan teman-teman dari biro sdm (sumber daya manusia - setjen). ini yang menurut saya memberikan nilai positifnya. mengapa? khusus bagi saya siy, bila diajar oleh para widyaiswara, maka yang ada saya hanya bisa membayangkan apa yang mereka bicarakan. namun bila yang mengajar adalah para praktisi yang setiap hari berhubungan dengan apa yang mereka ajarkan, saya lebih banyak menyerap materi mereka. sehingga saya lebih banyak bertanya.


tempat pelaksanaan diklat tidak di pusdiklat keuangan umum pancoran, namun di kantor pusat bppk di jl.purnawarman kebayoran baru, jakarta selatan. selain diklat prajabatan, saya pernah mengikuti diklat pengelolaan barang milik negara di tempat yang sama. diklat pengelolaan kinerja ini mengingatkan saya dengan perjalanan saya beberapa tahun yang lalu itu.. 

diklat ini, baru dilaksanakan satu kali untuk tahun 2013, dan dibagi dalam dua kelas. satu kelas masing-masing terdiri dari 20 peserta.  di kelas pertama, kelas saya, kebanyakan diikuti oleh teman-teman dari bagian kepatuhan internal djbc. sementara itu, dari setjen hanya empat orang, dan selebihnya dari beberapa unit di lingkungan kemenkeu (dja, djp, djpu, itjen, dan bppk).

selama lima hari, kami diberikan materi terkait dengan pengelolaan kinerja di lingkungan kemenkeu, baik pengelolaan kinerja organisasi (pushaka) maupun pengelolaan kinerja individu (biro sdm). selain itu ada materi terkait dengan aplikasi e-performance sebagai bagian dari pengelolaan kinerja individu.

hmm.. saya jadi tau apa itu peta strategi, apa itu sasaran strategi, dan bagaimana cara mengukurnya dengan menggunakan indikator kinerja. selain itu juga ada inisiativ strategis, sebagai jembatan dalam mencapai target indikator kinerja yang dapat secara langsung maupun tidak langsung untuk mendukung tercapainya sasaran strategis.

diklat yang sangat bagus tentunya bagi para pengelola kinerja di lingkungan kemenkeu. selain itu, bagus juga ko buat para staf yang pekerjaan di kantor tidak berhubungan sama sekali dengan pengelolaan kinerja. karena akan bertambah pengetahuan tentang minimal penilaian kinerja individu, baik cara perhitungan capaian kinerja pegawai maupun nilai perilakunya.

kemasan diklat juga sangat menghibur. di tengah diklat selepas istirahat selalu disajikan games atau penayangan video yang tentunya masih berhubungan dengan materi diklat. bagi siapa yang dapat menjawab atau menyelesaikan games, maka hadiah sudah menunggu. hadiah tidak hanya dibagikan saat games saja loh, bagi yang berani maju untuk presentasi atas tugas kelompok, juga telah disediakan hadiah oleh panitia. selama lima hari diklat, saya mendapatkan tiga buah kaos loh hahaha..






2 komentar:

  1. Pak, saya juga ingin ikut diklat tersebut, akan tetapi sampai sekarang belum ada panggilan. Bolehkah saya meminta sofcopy materi diklat tersebut ? untuk saya pelajari otodidak?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. boleh, pak.. dengan senang hati. mungkin saya butuh alamat emailnya. terima kasih..

    BalasHapus