Kamis, 02 Januari 2014

belajar dari padi

"dari sini lah apa yang Anda makan.."


mungkin pesan itu yang ingin disampaikan oleh manajemen sebuah hotel di jogjakarta. dengan memasang hiasan berupa bibit tanaman padi dalam sebuah gelas, di atas meja makan di restorannya. 

secara tidak langsung, mereka mengingatkan kita akan jerih payah para petani dalam rangka menghasilkan nasi yang kita makan di restoran tersebut. pak tani dan bu tani, mereka rela kepanasan dan kehujanan, mengeluarkan rupiah demi pupuk dan upah petanam, merawat dan menunggui padi yang sudah menua, memanennya saat waktunya tiba... sudah semestinyalah kita tidak menyia-nyiakan pengorbanan mereka dengan cara tidak menyia-nyiakan makanan kita.

selain itu, mereka juga mengingatkan kita akan ilmu padi.  saya yakin bahwa saat di sekolah dulu, sebagian besar dari kita pernah diajarin ilmu padi, dimana makin tua umurnya maka makin merunduk. begitu pula kita, makin tambah usia kita maka sudah seharusnyalah makin merendah, tidak sombong dengan apa yang kita punya, sadar sepenuhnya bahwa yang kita miliki hanyalah sebuah titipan. bukan hanya berupa materi, namun keluarga kita, paras kita, kecerdasan kita.. semua hanya titipan yang suatu saat akan diambil kembali oleh Yang Punya.

demikianlah padi..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar