Minggu, 15 Maret 2015

obat batuk alami

kalau saya, dalam satu tahun itu selalu ada batuk ama pilek (flu)...

seinget saya, belum pernah satu tahun itu terlewat tanpa dua sakit tersebut. ini bukan doa sih, tapi memang seinget saya batuk dan pilek merupakan penyakit tahunan saya.

inget batuk, inget dengan wedang buatan istri saya. ini merupakan wedang yang berkhasiat untuk meringankan batuk dengan alami. memang sih, engga sekali minum langsung sembuh. ini karena biasanya yang herbal lebih lama proses penyembuhannya daripada obat kimia, namun demikian minimal untuk obat herbal sangat sedikit efek sampingnya, atau bahkan tidak ada hehe..

wedang ini berisi 'ramuan' alami dari bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. apa saja bahannya?
1. jahe
2. beberapa batang sereh
3. jeruk nipis
4. madu

hanya itu aja. sangat mudah didapat, bukan? iya. di pasar tradisional, berlimpah semua bahan tesebut.
bila batuk mulai menyerang yang ditandai dengan gatal ditenggorokan, saya mulai meracik bahan-bahan tersebut. kuantitas bahan tergantung dengan kekukatan kita menahan rasa pedasnya jahe atau asamnya jeruk nipis. engga ada takaran khususnya.

semua bahan dibersihkan. jangan lupa untuk jahe serta sereh digeprek terlebih dahulu ya. lalu jahe dan sereh disatukan en direbus jadi satu dalam sebuah wadah. banyakin airnya, mengingat proses perebusan membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk mengeluarkan sari-sari khasiat dari jahe dan sereh tersebut.

setelah airnya berkurang yaaa kurang lebih 1/3-nya, matikan api. tuangkan air rebusan ke dalam sebuah gelas yang telah diberikan air perasan jeruk nipis dan beberapa sendok madu. aduk sebentar, dan minum selagi masih panas. bila tidak ada madu, jangan khawatir karena masih dapat digantikan dengan gula pasir.

nyaman banget lagi batuk-batuk seperti itu, diberikan air wedang dengan bahan alami yang mudah didapat di sekitar kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar