Rabu, 18 Maret 2015

susahnya cari asisten rumah tangga

dan saat ini...

saya juga udah merasakan apa yang teman-teman rasa, dalam hal mencari asisten rumah tangga. ternyata memang susah banget, sangat susah!

saya udah menanyakan ke orang tua di malang, ada tidaknya tetangga di kampung yang bersedia 'menyumbangkan' tenaganya untuk membantu saya dan istri, nantinya. hasilnya, sampai saat ini masih nihil. sempat minta bantuan ke teman yang masih tinggal di kampung. seminggu setelahnya, saya hubungi dan hasilnya juga sama.

kebanyakan orang desa saya memang masih sama seperti pada saat saya masih sekolah dulu. pelampiasan yang menghasilkan dan menjanjikan adalah mencari nafkah ke luar negeri, entah itu bekerja menjadi asisten rumah tangga di sana, atau bekerja di sektor yang lain. memang sih, kami tidak bisa memberikan imbalan yang 'layak' seperti yang mereka harapkan. tapi percayalah bahwa kami akan memperlakukan dengan sangat manusiawi.

beberapa teman kantor juga sudah saya jajaki. minta tolong untuk menanyakan 'embak'nya di rumah, apa mereka punya temen atau saudara yang bersedia? tanya kak nita, hasilnya mencengangkan hehe. asistennya hanya bekerja lima hari kerja, senin-jumat. itu pun dari pagi sampai dia atau suaminya pulang. sabtu en minggu libur. udah gitu imbalannya Rp1,2juta. wah, sepertinya masih kemahalan kalau buat saya.

tanya leny dengan segenap permasalahannya, tanya sugi, tanya mba eling, tanya mba anis.. hehe. sampai akhirnya buka-buka laman internet. ternyata di situs jual beli online juga ada fasilitas penawaran jasa asisten rumah tangga. sumpah baru tau saya. 

dari penawaran yang ada di internet, saya coba hubungi beberapa diantaranya. kembali ke masalah awal, ternyata lebih mahal haha. gaji bulanannya aja minta Rp1,5juta. karena agen yang saya hubungi tadi berlokasi di jogja, maka masih ditambah uang transport dari jogja ke jakarta sekitar Rp300ribu yang kita tanggung. selain itu, masih ada uang cuti Rp100ribu. setiap bulan, asisten tersebut wajib diberi dua kali cuti. waw..

sooo.. puyeng dweh..

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar