Selasa, 16 April 2013

attitude berkendara

saat diklat bendahara pengeluaran beberapa tahun yang lalu, saya jadi teringat dengan materi non diklat yang disampaikan oleh bapak sahminan zega. kalau engga salah, beliau putera padang deh.. asal nebak aja siy hehe.. ("salam hormat bapak..!"). beliau menyampaikan materi esq, dan yang paling membekas di benak saya adalah saat menyampaikan tentang : apa yang harus kita punya agar menjadi manusia yang 100%?

beberapa hal yang beliau berikan contoh tentang apa-apa yang harus kita punya untuk menjadi manusia yang 100%. dengan rumus A = 1%, B = 2%, C = 3% ..... dst.... Z = 26%, maka apa yang harus kita punya?

SON = 19 + 15 + 14 ..... 48%

FRIEND = 6 + 18 + 9 + 5 + 14 + 4 .... 56%

WORK = 23 + 15 + 18 + 11 ..... 67%

PARENT = 16 + 1 + 18 + 5 + 14 + 20 .... 74%

EDUCATION = 5 + 4 + 21 + 3 + 1 + 20 + 9 + 15 + 14 .... 92%

wew.. mempunyai anak tidak serta merta membuat kita menjadi 100%. teman?? belum juga. pekerjaan? hmm, masih juga belum. bahkan kita punya orang tua, kita punya pendidikan tinggi... tidak menjadi jaminan klu kita akan menjadi manusia 100%.


oh iya.. gimana klu MIZO*E?? klu kata iklan siy kita akan jadi 100% tuh.. hehe. emm, apa iya kita harus minum mizo*e tiap hari untuk menjadi 100%? kita lihat aja :

MIZO*E = 13 + 9 + 26 + 15 + * + 5 ... berapa yang kita dapat? baru 82% saudara-saudarah hehe. lalu apa yaa?? bang zega (panggilan akrab beliau) kasi bocoran bahwa kita akan menjadi manusia yang 100% bila kita mempunyai :



ATTITUDE = 1 + 20 + 20 + 9 + 20 + 21 + 4 + 5 ...... right, kita dapat 100%. tentunya attitude yang baik yaaa..

guys, kita pasti seneng mempunyai anak yang pintar, teman yang rupawan, pekerjaan yang keren, orang tua yang lengkap, pendidikan yang tinggi... waw, tapi tapi tapi.. klu anak kita, temen kita, orang tua kita, bahkan kitanya sendiri tidak mempunyai attitude (sikap, budi pekerti, perangai...) yang baik (akhlak kariimah), maka semuanya tidak ada artinya. 

anak yang pinter, tar jadi koruptor. teman yang rupawan, tar jadi artis yang ga bener, dan seterusnya dan seterusnya. nauzubillah minzalik. pantas aja klu Rasululloh saw diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia, sebagaimana tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh sahabat abu hurairah.


ilustrasi (moge : harley davidson)

nah guys, berkendara harus punya attitude juga. entah itu pake sepeda, motor, atau mobil. sebagai pengguna jalan, kita tidak sendirian, ada orang lain yang membutuhkan jalanan itu. sedikit kesabaran yang kita punya, akan berpengaruh pada keselamatan kita di jalanan. 

kadang kita nemuin simpul kemacetan, karena rasa sabar kita dan attitude yang kurang, tak jarang saya lihat para biker yang melawan arah. bahaya guys.. bahaya buat kita dan bahaya bagi pengendara lain. di tol.. karena mempunyai mobil 'balap' dengan cc besar, banyak yang suka selap-selip, kanan-kiri, seolah-olah jalanan hanya punya ndili ajah. sekali lagi bahaya bray..

belum lagi yang mentang-mentang... eh, sebetulnya ini yang menjadi inspirasi saya untuk menulis di blog hari ini. kemaren, saat pulang dari bandung untuk keperluan mengantar mertua. semenjak saya 'menemukan' sate terenak yang pernah kami makan.. hahaha.. (bukan lebay, tapi emang bener ko.. sate maranggi cibungur, sebagaimana tulisan saya tahun lalu di blog ini juga). 

di siang yang panas itu, saya bersama istri mengendarai si putih dari arah bandung. sempat sholat zuhur di rest area km 97, dan melanjutkan perjalanan kembali sampai akhirnya keluar di pintu tol sadang. sampai di lokasi, widiww.. rame banget. sampai kami duduk di bangku dengan masih terdapat sisa piring kotor di meja kami, bekas tamu sebelumnya. 

kami memesan sate ayam dan sate sapi, plus dua buah es kelapa. makanan dan minuman tersebut favorit banget, semuanya yummy hehe.. beberapa saat, datang suara bising, sangat memekakkan telinga. suara menggelegar dari knalpot moge-moge yang ternyata juga masuk ke 'warung sate' dimana kami makan. terus terang bete banget dengan kedatangan mereka. bayangkan, karena suara knalpot motor orang berduit tersebut, ada alarm mobil yang terparkir sampai bunyi.  huftt..

udah gitu, karena parkiran penuh, kawanan para pemoge parkir di tempat yang tak semestinya. ada suara keberatan dari salah seorang pramusaji yang saya denger, namun dalam bahasa sunda.. intinya "mentang-mentang orang kaya... bla bla bla.."

tidak hanya di sate maranggi cibungur aja saya nemuin kawanan tersebut lagi konvoi. dengan kawalan patwal, saya pernah juga melihat konvoi 'keangkuhan' mereka di tempat lain. membuat kaget, main selip, dan lain sebagainya dan lain sebagainya... saya antipati ama mereka.. eeaa..

karena warung lagi penuh, akhirnya mereka mengurungkan untuk makan di tempat itu. dan kembali, menunjukkan suara sangar dari knalpot motor yang harganya jauh lebih mahal dari mobil saya itu.. hehe. mungkin seisi warung berfikiran sama, saat mereka satu persatu keluar dari warung... "huuuuu....." teriak spontan para pengunjung..

dimanapun, kalau kita menunjukkan sikap yang baik, insya Allah semua orang akan menerima kita. begitu juga dun kalau sebaliknya..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar