Senin, 13 Juli 2015

mudik 2015 (1): kereta majapahit

tahun ini...

saya udah mendahului kebanyakan orang untuk mudik ke jawa. saya udah merencanakan untuk mudik hari selasa petang, tanggal 23 juni, dan balik ke jakarta lagi pada hari sabtu siang, tanggal 27 juni.

rasanya udah kangen banget ama bapak dan ibu di kampung. kangen juga sama mas, mba, dan para ponakanwan dan ponakanwati. dengan bekal ijin boss faesal untuk cuti tiga hari, cabutlah ke kampung tercinta.

habis ashar langsung cabut ke stasiun buaran dengan naik bajaj. selanjutnya naik krl ke stasiun senen. bawaan cukup berat. ada tas punggung yang berisi pakaian, dan dua kardus tenteng yang beratnya berat banget. syukurnya, krl engga terlalu padat, bahkan bisa duduk nyaman salepas transit di stasiun jatinegara menuju stasiun senen.

pulang kali ini saya menggunakan kereta majapahit. salah satu kereta ekonomi non subsidi yang melayani jurusan jakarta-malang vv. satu kereta lagi yang melayani jurusan sama ada kereta jayabaya, namun dengan trayek yang berbeda. sebenarnya saya udah pesan kereta ekonomi matarmaja untuk ke malang. namun karena bawaan dan ada titipan untuk ibu dari saudara kembar saya, saya putusin untuk naik majapahit.

kereta baru jalan jam 18.30 wib. pas selepas jam buka puasa. kereta ini jauh lebih nyaman daripada matarmaja. dengan selisih harga kurang lebih Rp100.000,- dapat menikmati bangku dengan konfigurasi 2-2. berbeda dengan kereta matarmaja yang konfigurasinya masih 2-3. persamaannya adalah bangku masih berhadap-hadapan. ohya, toilet juga bersih, dengan pasokan air yang cukup untuk perjalanan kurang lebih 17 jam tersebut. namun di tengah perjalanan, listrik sempat mati beberapa saat, sehingga engga bisa nge-recharge hape dan ruangan gerbong pun terasa sedikit hangat.

kereta sepertinya kosong nih.. banyak bangku tak bertuan sehingga dua orang di samping dan di depan saya memilih untuk kabur ke bangku tak bertuan tersebut. yaa, lumayan lah bisa buat nyelonjor. walo engga bisa tidur dengan nyenyak juga sih, karena bangku yang engga bisa di-reclining tersebut. masih bisa bbm sama istri, sama mas niar, sama anaknya juga -rasya-. "nanti kalau sampai semarang aku PINGG!! ya", bbm saya ke mas niar. kebetulan lagi ada dinas di sana. hehe..

untuk buka puasa dan sahur, saya memilih untuk beli di restorasi saja. dan setelah beli satu, ko terasa mahal banget ya dengan taste yang tak karuan itu. untuk nasi rames, menu buka yang saya pesan, harganya Rp36.000,-. sedang untuk menu sahur, saya memilih untuk beli nasi goreng. harganya pun ga beda jauh, hanya selisih Rp1.000,- lebih murah. sempet berasa nyesel juga kenapa engga bawa bekel aja. soale kalau makan di luar, beli nasi goreng harga segitu mungkin udah spesial bangettt..

jam 4.00 wib kereta udah memasuki wilayah madiun. 
"terlambat satu jam nih.." kata bapak yang dari awal duduk di depan saya, yang bernasib sama ditinggal teman sebangkunya. puk puk puukk..
"mosooo.." batin saya dalam hati. kalau memang iya, jam berapa saya bisa sampai kepanjen, stasiun tempat saya turun nanti?

                                                                                                         rupanya... dari sini para 'pucung' itu berasal

dan kereta terus berjalan.. hingga mulai muncul pemandangan menakjubkan dari balik jendela kereta. itu yang saya suka saat bepergian dengan menggunakan moda transportasi ular besi tersebut. hamparan sawah yang menghijau ranau, masih diselimuti kabut tipis, melihat jalanan yang lengang... teramat lengang bila dibandingkan dengan 'neraka' jalanan jakarta. tentram banget rasanya..

hingga sampai kepanjen tepat pada waktunya, tidak terlambat. kakak saya yang jemput pun udah sampai beberapa saat sebelum kereta berhenti. alhamdulillah...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar