Senin, 13 Juli 2015

mudik 2015 (2): musim 'dingin'

seturun dari kereta...


hawa hangat menyeruap. hangat ya, bukan terik. mmh... hawa yang saya rindukan. matahari cerah, tapi hawa tetep adem. ini yang membuat orang-orang malangan mempunyai kulit kecokelatan. *orang malangan? gue aja keuleus | eeaa... tidak merasakan panas, padahal matahari berusaha membakar kulit.

whatever...

ada hal yang membuat saya selama di malang selalu hanya mandi sekali setiap harinya. iyap, airnya dingin bangettt.. selalu begitu bila musim kemarau tiba. menjelang sore hari, malam hari, sampai menjelang siang itu dingin banget. panasnya hanya pas siang aja. jadi mandi pagi males, mandi sore juga males. so, mandinya dirapel siang hari aja. hahaha

biasanya untuk menghangatkan badan, saya selalu nongkrong di depan tungku dapur. ibu bila masak masih menggunakan kayu bakar. ada dua tungku, yang masing-masing mempunyai dua lubang yang dapat digunakan sebagai jalannya api untuk memasak. 
sambil melihat beliau masak, juga tak jarang bantu-bantu kupasin bawang merah, bawang putih, atau peras santan dari parutan kelapanya.. merasakan kehangatan yang mengusir rasa dingin menggigil. 
tapi itu dulu. sekarang ibu udah mulai menggunakan kompor gas dalam acara masak-memasak kesehariannya. padahal sumber daya kayu bakar bisa dibilang melimpah ruah di kampung saya. 

gapapa juga sih.. kasian beliau juga bila harus menggunakan kayu bakar. soalnya untuk mengidupkannya saja udah membutuhkan waktu. udah gitu saat masak juga harus ditungguin agar tidak sampai mati nyala apinya. mulai hilangnya citarasa tradisional...

untuk menghangatkan badan.. bakar membakar jadi solusi terbaik. haha.. dari bakar sampah. sampai buat perapian di depan tungku, walau tidak digunakan untuk masak.

rindu masa kecil dulu jadinya.. *mewek lagi..
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar