Rabu, 28 Agustus 2013

akhirnya mudik ke malang (1)

setelah menikah menjelang ramadhan tahun 2008 lalu, belum pernah saya mudik (khusus untuk liburan idul fitri) ke malang. beberapa tahun itu, mudik saya hanya ke bandung saja, ke rumah mertua. dan pulang ke malang, tiga atau empat bulan setelahnya.

dan pada idul fitri tahun ini, saya berkesempatan untuk pulang ke malang bersama istri tercinta. mengunjungi orang tua dan sanak saudara di sebuah desa di kabupaten malang, desa tlogosari kecamatan donomulyo. sangat kampung dengan kondisi jalan yang sudah rusak parah.

berikut adalah rute yang saya tempuh, dari tanggal 5 agustus 2013 sampai dengan 10 agustus 2013. jakarta - surabaya - malang - desa - malang - jakarta.

sehari sebelum berangkat, saya dan istri udah pamitan ke beberapa tetangga, sambil nitip rumah, pica, dan ikan yang tiap hari harus dikasi makan. si pica rencana saya taruh di bandung, tapi pasti udah macet dengan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. dan untuk keefektifan, akhirnya bismillah kami tinggal saja di rumah. kalau terjadi apa-apa telah kami ihlaskan hehe..


kami menitipkan ikan pada uwak nurdin, keluarga yang baik yang berasal dari bima - nusa tenggara barat. kebetulan emang beliau engga pernah mudik selama saya menjadi tetangga. sehingga seekor patin, dua ekor sapu-sapu, seekor komet, dan penghuni baru dua ekor koi engga kelaperan. setelah pamitan, kami juga masih sempat untuk pergi itikaf di masjid baitut taqwa komplek kantor pusat djbc. 

pagi hari selepas shubuh, kami baru pulang itikaf. langsung menuju tempat pencucian mobil langganan, eh masih tutup. malah ketemu sama beberapa anak kecil yang lucu-lucu, mengabarkan bahwa tempat cuci mobil selama bulan puasa engga buka 24 jam. setelah kasi info, mereka membantu saya untuk puter balik ke rumah. dan, saya nyuci sendiri si pica haha.


jam 9.30 kami udah siap ke terminal rawamangun, untuk selanjutnya menuju bandara soetta dengan menggunakan jasa bus damri. dan yang membuat saya kaget adalah harga tiket damri sekarang udah Rp30.000,- per orang satu kali jalan. wow.. uda lama ga ke bandara hehe.. jalanan sangat lancar pagi itu, sehingga jam 10.45-an sudah berada di terminal keberangkatan 2F.

kali ini saya pulang dengan menggunakan maskapai garuda indonesia yang saya beli tiketnya sejak tahun lalu. alhamdulillah dapat harga promo karena early bird dari maskapai terbaik nasional itu, sehingga untuk mudik kami hanya mengeluarkan kurang dari Rp1,5juta berdua pergi-pulang untuk pesawatnya aja. emang sudah kami niatkan untuk pulang mudik tahun ini siy hehe. setelah nimbang-nimbang, lebih murah menggunakan pesawat daripada kereta yang mencapai Rp600.000,- sekali jalan tiap orangnya.



proses check in berlangsung cepat karena kami tidak membawa barang untuk dibagasikan, dan kami sempat 'transit' dengan duduk di dekat eskalator datar sebelum masuk ke ruang tunggu F2. kalau engga karena ramainya bandara, mungkin hal itu tidak akan terjadi. namun dengan begitu, kami malah ketemu ama beberapa orang dengan menggunakan jaket merah dan menenteng bingkisan dalam tas kertas berwarna senada bertuliskan 'mudik bareng telkomsel'. wow.. mudik gratis nih. hehe.. ada yang ke surabaya, semarang, juga solo. 

setelah tiba waktu zuhur, kami baru beranjak ke ruang tunggu, dengan satu alasan juga untuk dapat menunaikan sholat di bagian bawah ruang tunggu F2. setelah menunggu beberapa saat, terdapat pemberitahuan bahwa ruang tunggu kami dipindahkan ke F7... hwaa. jelas lah, karena yang parkir di F2 pesawat wide body jenis airbus. kayaknya ga mungkin banget jakarta - surabaya menggunakan pesawat jenis itu hehe. kalau ke denpasar masih memungkinkan, karena biasa buat transit GIA dari jakarta sebelum menuju jepang atau australia.

dan pesawat pun diberangkatkan tepat waktu. sepanjang perjalanan cuaca bagus, tidak ada goncangan yang berarti. masih dapat ransum untuk dibawa pulang, buat buka puasa yang berisi satu buat roti dan minuman nata de coco manis.

sampai di surabaya, kami sudah memesan travel untuk mengantarkan ke kota malang, liza tour. ini kali kedua kami menggunakan jasa travelnya, rekomendet lah untuk dijadikan langganan. dengan harga Rp95.000,- per orangnya dan menggunakan toyota vios lama, kami diantar sampai bandung guest house di jl.bandung no.20 - kota malang. setengah jam setelah azan magrib kami baru sampai di tempat tujuan. 

bersambung...





2 komentar: