Rabu, 28 Agustus 2013

akhirnya mudik ke malang (3)

ini kali pertama setelah nikah, makan sahur dan buka di rumah. walau hanya kebagian satu hari sahur di malang, tapi cukuplah untuk mengobati rasa kangen gimana rasanya dulu saya makan sahur di sana hehe... masih sangat inget, dulu ibu suka buat acar ketimun. lupa cara buatnya, tapi yang jelas engga seperti acar ketimun yang sering saya jumpai sekarang di jakarta. ketimun tersebut di tumis bersamaan dengan beberapa bumbu dan cairan cuka.. dulu rasanya enakkk banget. itu udah bertahun-tahun lalu, saat saya masih sekolah..

terus beberapa saat menjelang waktu buka, anak-anak kecil bertadarus di masjid, masjid basuki rahmad -terbesar di desa saya-. setelah waktu buka tiba, kami dibagiin makanan takjil yang dibawa secara bergiliran oleh anak-anak itu tiap harinya. biasanya, setiap anak kebagian satu kali selama ramadhan itu untuk membawa makanan takjil ke masjid. kolak pisang atau bubur sumsum yang sering dibawa oleh mereka, termasuk saya waktu masih SD juga membawa bubur sumsum ke masjid hehe. udah lama sekali yah..

malamnya pun, bapak-bapak dan remaja mengadakan tadarus keliling ke rumah-rumah warga. ada juga yang tadarus di masjid, dengan disiarin menggunakan pengeras suara/toa. tapi karena muslim masih minoritas di daerah saya, tadarus dengan menggunakan toa hanya dibatasi sampai dengan jam 22.00 tiap harinya. hal ini untuk menghormati umat nasrani yang menjadi mayoritas di sana.

tadarus bapak-bapak ini paling asyik.. soalnya setelah satu juz selesai, kita dikasi makan haha.. #dasar! tapi pas saya pulang kemaren, tadarus keliling sudah tidak ada lagi. yang ada hanya tadarus di masjid, itupun harus dijadwal. siapa-siapa yang tadarus hari senin, dan siapa-siapa yang tadarus hari berikutnya.. bacaan tilawah para bapak dan remaja itu pun masih jauh dari kata sempurna, saya juga masih belajar ko hehe. panjang pendek tidak beraturan, waktu berhenti atau harusnya diteruskan pun tak diperhatikan lagi.. sedih!

jama'ah tarawihpun sangat sedikit, hanya beberapa shof aja. untuk ukuran masjid 'sekecil' itu, hmmm hanya bisa dihitung dengan jari jama'ahnya. sangat menyedihkan memang. belum lagi jama'ah sholat shubuh, hanya tiga atau empat orang saja. ya Robbanaaa..

sangat berbeda dengan kondisi saat saya masih kecil.. dulu, masjid itu terasa sangat besar. jama'ahnya pun banyak. sholat jumat seringnya penuh. tarawih juga lumayan ramai.. tapi setelah keluar dari malang, melihat masjid yang ukurannya jauh lebih besar.. membuat masjid basuki rahmad jadi terasa kecil, dan yang paling menyedihkan lagi adalah berkurangnya jama'ah dari tahun ke tahun..

bersambung lagi...




2 komentar:

  1. Jema'ah Mesjid Basuki Rahmad, berkurang y bro?? Harus ada regenerasi tuh bro.. kayaknye nte harus sebulan penuh Ramadhan yg akan datang, tuk bentuk Remaja Mesjid.. hehehe... saran y bro.., boleh y.. :)

    BalasHapus
  2. beneran bro, saya sedih melihatnya.. jamaah sangat sedikit, bacaan tilawah yang masih bisa dibilang jauh dari lancar. kalau sebulan di sana, sepertinya ga kuat deh hehe.. smg ada generasi baru yang bisa mengemban amanah untuk hal ini ^_^

    BalasHapus