Rabu, 14 Agustus 2013

salam dan bersalaman

hari-hari pertama masuk kerja selepas libur panjang iedul fitri, suasana kantor masih sepi. banyak di antara kawan-kawan saya yang masih berada di kampung halaman, karena menambah libur dengan mengambil cuti tahunannya.

selama tiga hari ini, tanggal 13 - 15 agustus 2013 ini, berangsur-angsur mereka pada berdatangan. sebagaimana layaknya budaya di negeri ini, kami saling salam dan bersalaman untuk bermaafan.

bahkan di hari pertama masuk kerja, ada undangan juga dari pak sekjen untuk seluruh pegawai yang telah masuk bekerja pada hari itu, untuk bersalaman dengan pak menteri di aula mezanin di lantai M gedung djuanda 1, kementerian keuangan. setelah itu, ada 'ramah-tamah'nya hehe..

 etika bertemu dengan sesama muslim adalah mengucapkan salam. mengucapkan salam hukumnya sunnah, dan menjawabnya berhukum wajib. karena isi dari salam adalah do'a. selain itu, apabila kita bersalaman, maka berdasarkan hadits Rosululloh saw "Bila dua orang muslim bertemu lalu bersalaman, maka diampuni dosa keduanya sebelum keduanya saling berpisah" (H.R. Abu Dawud). subhanalloh..

namun sadar atau tidak.. kadang bila kita bersalaman dengan banyak orang, dua orang atau lebih, kita 'kurang' menghargai salah satu atau beberapa orang di antaranya. ko bisa?

kontak mata!!
iya kontak mata yang kita abaikan dengan teman kita saat bersalaman, bisa jadi membuat teman atau mungkin kita sendiri merasa diabaikan. tulus ga siy salamannya hehe. etikanya kan kalau salaman sambil senyum gitu. senyum kita untuk saudara kita adalah sedekah. mmm... berpahala duong.

pernah merasa ga siy, bila kita bersalaman dengan orang lain, dan matanya tidak tertuju pada kita? semoga belum yaa.. rasanya gimana gitu. atau, jangan-jangan malah kita sendiri yang melakukannya untuk orang lain?? tidaakk..

semua manusia itu sama, yang beda adalah tingkat ketakwaannya aja sebagai bekal di hari akhir nanti yang selamanya selamanya selamanya selamanya.. (pinjam kata-kata patrick, di bikini bottom). sentil mas honiar arfianto hehe..

(gambar dari http://www.indiamuslim.com.my)


2 komentar: