Senin, 15 Juli 2013

pengalaman umroh 2013 : komunikasi di negeri arab


sebelum berangkat ke tanah suci, sempat terjadi perdebatan sengit (hahaha..) antara saya dan istri, terkait dengan operator seluler apa yang akan digunakan sebagai media komunikasi dengan keluarga di tanah air. melihat beberapa operator seluler, wow.. paket data roamingnya harga gila-gilaan.. untuk ukuran kami tentunya hehe.

dengan berbagai macam kesibukan sebelum hari keberangkatan, akhirnya engga sempat menanyakan ke operator xl maupun telkomsel terkait paket data di luar negeri. ya wis lah pasrah aja. emang selama di tanah suci mo whatsap-an terus? mo fb-an terus? nge-tweet terus? inetan nonstop?? wowowow…

jangan salah guys. kesana kita untuk fokus ibadah. sedangkan kabar-kabari untuk keluarga mungkin urusan ke sekian. ya wis lah, manfaatin media komunikasi modern era 2000an hehe, sms : short message service.

pengalaman pernah ke negeri tetangga, jaringan operator kita akan otomatis menemukan jaringan operator lokal di sana. oke oke.. so ga perlu khawatir. tinggal isi pulsa aja sebanyak-banyaknya ajah hehe..

selama ini memang saya menggunakan dua kartu di hape keren saya, lenovo s880 yaitu xl dan kartu as. ga salah saya isi pulsa yang kartu as, bukan yang xl. karena apa? saya hanya sering komunikasi dengan sms aja, jarang teleponan. biaya kirim dan terima sms hanya gopek, alias Rp500,-/sms. jauh dan amat sangat murah daripada tarif yang ditawarkan oleh xl, yakni Rp4.000,-/sms.

di arab, kami diberikan kartu perdana oleh pak ustad. operatornya mobily kalau ga salah. saat di kedatangan bandara pun, banyak orang indonesia yang bekerja di angkasapuranya arab saudi (hehe.. seperti mba yang lagi duduk itu tuh!) juga menawarkan berbagai macam kartu perdana. klu ga salah denger mah harganya Rp150.000,-. wow, sayang lah.. saya isi Rp100.000,- untuk kartu as pun dengan beberapa kali nelpon istri engga habis tuh sampai pulang balik ke jakarta.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar