Senin, 15 Juli 2013

pengalaman umroh 2013 : perjalanan (1)

subhanalloh, walhamdulillah, walaailaaha illalloh, wallohu akbar...

segala puji hanya pagi Alloh, yang telah menganugerahkan berbagai macam nikmat kepada kami (saya dan istri) sehingga dapat melaksanakan ibadah umroh pada akhir sya'ban s.d awal ramadhan tahun ini.  kalau bukan atas berkat rahmat dan kasih sayangNya, sepertinya kami tidak akan dapat sampai di tanah suci.

ibadah ini sebenarnya adalah target akan apa yang akan kami kejar di tahun 2013. alhamdulillah.. semua dimudahkan. tidak terdapat hambatan yang berarti. semua insya Alloh dapat kami lalui bersama-sama.

ibadah umroh kami dimulai dari tanggal 3 juli 2013 dan diakhiri tanggal 14 juli 2013. tanggal-tanggal tersebut adalah tanggal kami mulai berangkat dan sampai kembali di jakarta. dengan menggunakan biro perjalanan haji dan umroh pt.kaltrabu indah, yang bermarkas di banjarmasin dan mempunyai dua cabang masing-masing di jakarta dan mataram. oleh karenanya, perjalanan umroh kami berbarengan dengan banyak orang banua dan empat orang dari cabang jakarta, dan beberapa orang dari cabang mataram.

perjalanan berangkat, hari rabu tanggal 3 juli 2013, dimulai dari rumah.. ya iya lah, dari mana lagi hehe.. maksudnya dari rumah jam 9.30 wib kami udah keluar rumah. nunggu taksi di pinggir jalan, dan alhamdulillah tidak menyita waktu yang terlalu lama. kami berdua diantar oleh mertua saya/orang tua istri ke bandara. perjalanan ke bandara pun alhamdulillah lancar. tidak ditemukan titik kemacetan, kecuali di pintu tol sdyatmo, itu pun arah ke jakarta hehe.. so kami melenggang dengan senangnya.. eeaaa.

lupa tepatnya jam berapa sampai bandara, yang jelas saat kami sampai di tempat berkumpul (cafe laras, terminal keberangkatan 2E bandara soetta), rombongan yang dari banjarmasin dan mataram sudah tiba. wow.. berangkat pagi buta rupanya mereka. subhanalloh.. padahal jadwal berangkat ke jeddah kalau sesuai dengan tiket, baru jam 16.50 wib.

sempat juga makan siang di cafe laras, dengan menukarkan kupon yang kami terima dari panitia pt.kaltrabu. lumayan lah buat mengganjal perut di siang itu hehe..

setelah makan siang, kami menyempatkan untuk sholat zuhur yang dijamak ta'dim plus qhosor dengan ashar di musholla terminal 2F. lumayan jauh lah jalannya, bukan buat saya loh, tapi buat mertua. karena memang beliau udah sepuh.

bertemu dengan beberapa rombongan jama'ah umroh juga di musholla, kurang lebih ada empat macam seragam sasirangan khas banjarmasin, termasuk kami. berarti ada empat biro haji dan umroh yang memberangkatkan jama'ahnya dari banjarmasin hari itu. belum lagi yang dari jakarta, kalau tidak salah hitung ada dua rombongan jama'ah umroh, yaitu dari arminareka dan NRA. subhanalloh.. tambah semangat!!

tak lama setelah sholat kami dikumpulkan oleh panitia untuk dibagikan paspor beserta dokumen yang lain, termasuk tiket dan boarding pass. terdapat pula gelang umroh berwarna biru muda yang wajib kami pakai saat itu juga, sampai kami balik ke jakarta nantinya. mmm.. oke oke hehe.

kami menuju ruang tunggu E3 yang sebelumnya melalui proses pemeriksaan oleh aparat imigrasi, untuk nantinya berangkat dengan pesawat garuda dengan nomor penerbangan GA0982, CGK - JED 16.50 wib. weeaa.. akhirnya berangkat juga dari terminal internasional hehe. tapinya kami mengalami keterlambatan hampir 45 menit untuk dapat masuk pesawat. dan dibagiin makanan dan minuman ringan sebagai pengganti kegundahan di ruang tunggu... eeaaa.

owhya, karena udah di check in kan ama panitia, saya+istri melaporkan sendiri keanggotaan GFF kami di meja petugas GA E3. lumayanlah, sekali berangkat dapat mileage 3000-an. fooyaahh.. *_*

dan akhirnya sekitar pukul 17.35 wib kami dipanggil untuk boarding, dengan menggunakan pesawat boeing seri 747-400 hee. harapannya siy udah menggunakan yang seri 777-300 ER. tapi dapat kabar pesawat itu baru akan melayani CGK-JED mulai 9 juli. wah, perjalanan pulangnya dun haha. namun alhamdulillah.. ini awal dari pengalaman baru di tanah suci. penerbangan selama kurang lebih 9 jam dan 10 menit akan kami lewati malam itu. hmm.. perjalanan dengan pesawat terlama yang pernah saya alami hihihii..

on board.. dibagiin welcome drink berupa jus apel kemasan. dibagiin juga amenity kit yang berisi kaos kaki dan penutup mata, tapi kebanyakan orang dipakai sebagai masker hehehe.. trus ada dikasi wet tissue sebelum makan malam dihidangkan. makan malam disajikan dua kali selama penerbangan, dan masing-masing dengan dua pilihan hidangan.

kurang lebih jam 10.oo waktu arab saudi, kami telah mendarat di king abdul aziz itl airport di jeddah. setelah proses imigrasi yang mendahulukan ras arab selesai, kami keluar bandara.. dan hawa panas khas gurun pasir mulai terasa....