Sabtu, 20 Juli 2013

pengalaman umroh 2013 : ziarah ke beberapa tempat

tak hanya melihat mobil-mobil besar dengan cc yang juga besar.. kami menyempatkan juga untuk mengunjungi beberapa tempat yang bersejarah. selain itu juga tempat yang unik dan menarik, yang engga ada di negara kita..


beberapa tempat bersejara itu adalah jabal uhud, salah satu tempat perang yang dipimpin oleh Rosululloh saw, namun umat islam mengalami kekalahan karena tidak mengindahkan instruksi yang Nabi sampaikan. tepat di kaki jabal ini, terdapat makam para syuhada perang uhud. semoga Allah swt merahmati mereka semua. amin..


selain itu pula kami ke masjid quba, masjid pertama yang Rosululloh saw dirikan di madinah.


selain itu kami juga sempat mengunjungi jabal rahmah. kalau orang indonesia, lagi-lagi kata ustad, sering ke sana seraya berdoa untuk mendapatkan jodoh yang baik. tak sedikit pula bapak-bapaknya hahaha.. sedangkan para istri, meminta doa tolak bala. eeaa, dasar ustad gokil.


tak sempat turun dari bus, kami juga sempat melewati daerah mina, yang merupakan tempat bermalam (mabit) bagi para jama’ah haji. mabit di mina merupakan salah satu rukun haji, jadi apabila tidak dilakukan, maka hajinya tidak syah. di mina kami melihat hamparan tenda-tenda putih, dengan satu mesin blower ac di setiap tendanya.

melanjutkan perjalanan, kami melewati daerah arafah. di sini lah puncak ibadah haji berlangsung. jama’ah haji berkumpul di tempat ini pada tanggal 9 dzulhijjah. tempatnya berupa hamparan tanah berbatu dan berpasir, dengan sedikit tumbuhan pada beberapa sudutnya.

kami juga mengunjungi kawasan hudaibiyah, di sana terdapat sebuah masjid yang biasa digunakan untuk ambil miqot bagi jama’ah umroh. sebagaimana kita tahu, di hudaibiyah inilah tempat Nabi saw pernah melakukan sebuah perjanjian yang nantinya akan menjadi tonggak kemenangan dakwah di tanah haram.


selain ‘wisata’ sejarah, kami juga menyempatkan untuk ke perkebunan kurma. wah di indonesia engga ada nih. mungkin bisa numbuh siy kalau pun mo ditanam, buktinya di masjid dekat rumah ada pohon kurma. tapi kalau perkara bisa berbuah atau engganya.. itu beda. saya dan istri membeli sedikit kurma sebagai oleh-oleh untuk tetangga, saudara, dan teman-teman kantor. selain itu beberapa bungkus cokelat, ada yang mirip batu yang dikira teman kantor batu beneran hehe..


lanjut ke perkebunan onta.. eh, peternakan din, haha. emang ontanya ditanam. ini juga engga ada di indonesia, ada cuma di taman safari hehe. bukan diternak tapinya. nah di sana onta jadi artis, bagi orang indonesia. buktinya banyak yang ingin berfoto sama doi. selain dikembangbiakkan, onta juga diambil susunya untuk dikonsumsi manusia.

kami juga diajak untuk mengunjungi daerah yang bermedan magnet. sempat ditunjukkan ama sopirnya, dengan kondisi mesin yang menyala dan gigi roda dalam posisi netral, tidak ada rem tangan, maka bus akan jalan dengan pelan. lama-lama cepet juga, bahkan nembus kecepatan 135km/jam. mengingat keselamatan, pak ustad meminta untuk berkendara seperti biasa aja setelah menembus kecepatan itu. "kholas.. kholas...!".


karena cuaca yang amat panas, dan ada yang jualan eskrim seharga dua real.. sangat menggiurkan. mm.. ke daerah bermedan magnet itu, sebelum puasa loh hehe..


ohya, karena konturnya yang berbukit batu, banyak terowongan di daerah makkah. ini akan sangat efektif daripada meruntuhkan gunung untuk selanjutnya dibuat jalan.. dan lagi mungkin, dengan meruntuhkan gunung akan menghilangkan keaslian dan ke khasan tanah haram ini. so, banyaklah dibangun terowongan, baik panjang maupun pendek.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar