Senin, 15 Juli 2013

pengalaman umroh 2013 : makam Rosululloh saw

dimana makam Rosululloh? iya, udah terjawab oleh tulisan sebelumnya, di samping roudhoh. saat pertama kali ke roudhoh, saya hanya berfikir, jika di sana mimbarnya, di sini karpet hijaunya, maka itulah makam rasululloh. terdapat tembok berwarna hijau, saya yakin ada di dalamnya.


saat kedua, saya diajak oleh rombongan jama’ah untuk ziarah ke makam rasululloh. owh, ternyata saya salah pintu masuk untuk benar-benar melihat makam nabi. sebenarnya dari pintu belakang bisa, namun harus terus bergerak ke depan dari arah sebelah kanan. namun ustad yang memimpin kami, lewat sebelah kiri masjid dulu, baru masuk melalui pintu kanan/kiri masjid di ujung depan/imam. 

akan terlihat bila kita masuk melalui pintu kiri depan, bangunan kubah masjid dengan warna hijau. di bawahnya lah terdapat makam Rosululloh saw.
 
dan ketika di dekat makam nabi.. tak kuasa membendung air mata. terasa sangat dekat dengan nabi, hanya beberapa jengkal saja.. sangat dekat dengan sebaik-baik manusia, dengan panutan, dengan pemberi syafaat di hari akhir nanti.. ya nabi, akuilah kami sebagai ummatmu. berikan syafaatmu kepada kami..

di samping makam Rosululloh, terdapat dua makam lainnya. masing-masing adalah makam sahabat abu bakar as-sidiq dan sahabat umar bin khattab.

hampir semua orang berhenti di sana untuk bershalawat, untuk berdoa.. tak sedikit yang berlinangan air mata. beberapa yang mengambil gambar dari dekat, dilarang oleh aparat/askar.

ada kejadian yang akan saya ingat selalu di area makam nabi ini… malam hari sebelum melanjutkan perjalanan ke makkah, saya menyempatkan kembali untuk mengunjungi makan nabi. istilahnya mah pamitan lah kepada nabi, sambil bershalawat dan berdoa. sedang khusuknya bersholawat, di belakang saya ada jama’ah yang sepertinya datang dari india. kalau di indonesia mungkin kita membaca shawat barzanji (kurang tau istilah tepatnya), nah mungkin jama’ah india tersebut juga membacakan juga shalawat versi negranya, setengah bernyanyi malah… “ya rasululloh.. (bla bla bla-bahasa india)he… (bla bla bla-bahasa india)he… (bla bla bla-bahasa india)he”.

waduh, nyanyian dalam bahasa india yang membuat konsentrasi saya hilang. mungkin maksudnya baik, tapi kalau saya mendengarnya jadi pengen ketawa. habisnya inget film india. banyak kata-kata ‘he’ ‘he’ ‘he’-nya. hehehe..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar